Tempat Wisata

Pantai Cacalan, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang mempesona di Banyuwangi

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 07.00-22.00 WIB, Alamat: Kecamatan Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab.Banyuwangi, Jawa Timur; map: Cek lokasi

Pantai Cacalan kini menjadi pemandangan para pengunjung yang sebelumnya kurang populer dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Banyuwangi. Namun, saat ini pantai berpasir hitam mulai terlihat setelah Pantai Boom terpaksa ditutup karena pembangunan pelabuhan kapal pesiar. Selain itu, pantai ini berada di tempat yang strategis dan tidak terlalu jauh dari kota Banyuwangi.

Saking ramainya pengunjung, Pokdarwis akhirnya mulai memperbaiki area pantai. Salah satu upaya untuk memperindah kawasan ini adalah dengan melakukan pengerukan rawa-rawa di sekitar pantai dan menambah fasilitas pengunjung. Dana swadaya akan digunakan untuk pengerukan darat, sedangkan dana CSR perusahaan yang ada akan digunakan untuk fasilitas pengunjung.

Menuju pantai ini, pengunjung akan melewati Lundin Industry Invest, sebuah perusahaan manufaktur kapal militer yang didirikan pada tahun 2001. Meskipun tidak semua orang dapat memasuki lingkungan perusahaan, setidaknya mereka dapat melewati perusahaan-perusahaan yang memproduksi kapal kelas dunia yang canggih.

Atraksi Pantai Cacalan

Atraksi Pantai CacalanKredit foto: Google Maps Ilham Agung Aribowo

Perkembangan Pantai Cacalan menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang akan datang. Pantai yang cocok untuk liburan keluarga ini tidak kalah indahnya dengan pantai lain yang lebih populer. Berikut beberapa atraksi yang membuat pengunjung kewalahan dari waktu ke waktu.

1. Bersih dan indah

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah. Kebersihan di kawasan pantai ini juga sangat terjaga, sehingga pengunjung semakin betah berada di sini. Dengan pasir hitamnya yang lembut dan pantainya yang biru bersih, pantai ini menarik banyak pengunjung sebagai alternatif untuk berlibur.

Pantai ini juga indah karena pepohonan yang tumbuh di sepanjang pantai. Pohon kelapa yang tumbuh berjajar membuat kawasan ini rindang dan segar. Pohon kelapa ini sebenarnya berbentuk taman. Di bawahnya tidak hanya pasir, tetapi rerumputan tumbuh, menjadikannya kombinasi yang menarik dengan pasir hitam di pantai.

2. Matahari terbenam

Sunset di pantai ini juga sangat indah. Banyak pengunjung yang datang hanya untuk menunggu momen sunset ini. Matahari terbenam berdiri tepat di antara laut biru. Warna jingga kemerahan berpadu dengan air laut menciptakan pemandangan yang eksotis dan memanjakan mata yang melihatnya.

3. Kolam air tawar

Tidak hanya pantai, pantai ini juga memiliki kolam air tawar yang menjadi salah satu daya tarik utama. Di sekitar kolam ditumbuhi pepohonan, sehingga pengunjung bisa menyegarkan pikiran di sekitar kolam. Selain itu, pengelola telah menyelenggarakan kegiatan menyenangkan di sekitar kolam air tawar ini.

4. Tempat foto

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai CacalanKredit foto: Google Maps primanto halim

Pantai ini memiliki banyak spot foto yang indah. Karena itu, banyak pengunjung yang datang untuk mendapatkan background foto yang menarik. Beberapa spot foto buatan juga telah disediakan, salah satunya adalah set ayunan kayu yang menghadap ke laut. Pengunjung biasanya menggunakan ayunan ini sebagai salah satu foto favorit mereka.

5. Tradisi Pungkasan Rebo

Tradisi Rebo Pungkasan merupakan salah satu tradisi turun temurun warga setempat. Kegiatan ini dilakukan pada hari-hari tertentu untuk menghindari bencana. Tradisi ini diawali dengan acara mengarak produk dan tumpeng keliling desa dan berakhir di pantai Cacalan. Selain itu, para tetua adat akan berdoa dan warga akan makan bersama.

Tradisi ini menarik perhatian pengunjung. Karena selain berdoa dan makan bersama, tradisi ini biasanya juga diisi dengan pertunjukan tradisional Jaranan dan musik. Pengunjung yang datang bisa menikmati pertunjukan ini. Acara tersebut biasanya berlangsung hingga menjelang maghrib.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai CacalanSumber gambar: Google Maps Arif Mursyidi

Pantai Cacalan memiliki lokasi yang strategis sehingga mudah untuk diakses. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik itu kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika Anda datang dari Kota Banyuwangi, Jawa Timur, Anda bisa menuju Pelabuhan Ketapang. Jaraknya hanya sekitar 5 kilometer.

Setibanya di pertigaan Sukowidi, Anda akan menemukan pom bensin. Tidak jauh dari SPBU, sekitar 100 meter, Anda akan menemukan papan nama kawasan pantai di sisi kanan jalan. Anda hanya perlu berkendara sejauh 600 meter untuk sampai ke lokasi tepi pantai.

Sedangkan jika dari arah Pantura jarak tempuh ke Pelabuhan Ketapang sekitar 6,5 kilometer. Pantai ini juga sangat dekat dengan Pantai Solong hanya 2 kilometer di depan lokasi pantai. Untuk mempermudah perjalanan, Anda bisa menggunakan aplikasi GoogleMap yang menyediakan rute terbaik menuju lokasi.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai CacalanKredit foto: Google Maps Adams Blue

Pantai Cacalan merupakan tujuan wisata yang murah, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Tidak ada biaya masuk untuk melihat keindahan pantai ini. Anda hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Cacalan

Aktivitas di Pantai CacalanSumber gambar: Google Maps Romy

Anda tidak akan bosan saat berlibur di Pantai Cacalan. Pantai yang cocok untuk liburan keluarga ini juga menawarkan berbagai aktivitas menarik. Berikut beberapa aktivitas seru dan seru yang bisa dilakukan bersama keluarga saat berkunjung ke pantai ini.

1. Beri makan ikan

Ada ikan di kolam air tawar. Pengunjung bisa memberi makan ikan ini. Makanan ikan juga tersedia, Anda tinggal membelinya. Kegiatan ini sangat cocok jika Anda datang bersama keluarga. Kegiatan memberi makan ikan tentu sangat menarik dan menyenangkan bila dilakukan oleh anak-anak.

2. Berkano

Kolam renang juga menawarkan kano. Anda bisa mencoba salah satu aktivitas air ini sambil menikmati alam yang hijau. Kegiatan ini juga merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh banyak pengunjung yang datang. Karena itu, jika Anda berkunjung ke pantai ini, jangan lewatkan aktivitas kano.

3. Belajar melukis

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai CacalanKredit foto: Google Maps Dini Nurhidayati

Belajar melukis merupakan kegiatan rutin para Pokdarwis di Pantai Cacalan. Kegiatan ini sendiri dapat dilakukan baik oleh pengunjung anak-anak maupun dewasa. Jika Anda tertarik dengan kegiatan melukis, Anda bisa mencoba kegiatan ini. Anak-anak juga bisa mencobanya untuk menambah kreativitas.

4. Berkendara

Jika Anda suka menunggang kuda, Anda bisa melakukannya di pantai yang indah ini. Sewa kuda tersedia, harga sewa tergantung pemilik kuda. Tentu saja akan menyenangkan untuk mengarungi ombak.

5. Ambil foto

Dengan banyaknya spot foto di kawasan ini, fotografi menjadi suatu keharusan. Selain keindahan pantainya yang bisa dijadikan sebagai background foto, juga terdapat spot foto buatan yang akan membuat foto Anda semakin menarik.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai CacalanKredit Foto: Google Maps TONY WONG MUNCAR

1. Buat sendiri di rumah

Sesuai dengan namanya, pemilik penginapan ini sangat ramah, sehingga pengunjung akan betah saat menginap disana. Dengan harga yang cukup terjangkau, penginapan ini juga sangat nyaman. Tak hanya itu, penginapan ini juga memiliki desain yang artistik.

2. Nita Banyuwangi Homestay

Penginapan ini sangat dekat dengan Pantai Cacalan, hanya 9 menit. Dengan bangunan yang sederhana, kamar yang ditawarkan sangat nyaman dan bersih. Peralatannya juga lengkap. Selain itu, harga sewa per malamnya pun sangat murah, sehingga bisa menjadi rekomendasi untuk menginap.

3. Homestay di Indah Nusantara

Penginapan ini hanya berjarak 17 menit jalan kaki dari lokasi tepi pantai. Kamar yang ditawarkan sangat bersih dan nyaman. Peralatannya juga sangat sesuai. Pemilik homestay juga akan melayani Anda dengan ramah untuk membuat pengunjung betah selama menginap. Penginapan ini juga menawarkan tarif per malam yang terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai CacalanSumber gambar: Google Maps Kresna Duta

Pantai Cacalan sudah memiliki fasilitas yang memadai bagi pengunjung. Tersedia tempat parkir untuk kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Ada juga mushola untuk kebaktian, serta stand makanan yang menyajikan berbagai hidangan seafood. Ada juga toilet, kamar mandi, dan ruang ganti.

Selain itu, ada juga arena bermain anak, ayunan kayu untuk spot foto, serta gazebo untuk istirahat. Ada juga banyak kegiatan menarik seperti melukis, festival dan sebagainya untuk menarik lebih banyak pengunjung. Pantai ini juga memiliki taman dan kolam ikan air tawar dimana pengunjung dapat memberi makan ikan.

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan karena juga didukung oleh pengelola. Pengunjung dapat mengendarai perahu, menunggang kuda, dan melakukan berbagai kegiatan lainnya. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas, sehingga jumlah pengunjung meningkat sebelum pantai ini dikelola dan dikembangkan.

Pantai Cacalan kini bisa menjadi salah satu destinasi wisata keluarga di Banyuwangi. Tempatnya ramah anak dan banyak aktivitas seru yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan. Dengan berbagai aktivitas yang ada, pengunjung yang datang akan mendapatkan pengalaman baru sehingga liburan tidak terasa membosankan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button