Tempat Wisata

Pantai Hamadi Jayapura – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Tobati, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua; map: Cek lokasi

Pantai Hamadi terletak di Jayapura Selatan. Bukan rahasia lagi jika ibu kota Papua ini memiliki banyak tempat dan destinasi menarik bagi para wisatawan. Pantai ini salah satunya karena cukup unik dan jelas sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai ini tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, tetapi juga fasilitas umum yang lengkap. Tak heran jika pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang berlibur di Jayapura.

Ada banyak hal menarik tentang pantai ini, terutama yang berkaitan dengan sejarahnya. Bagi yang penasaran dengan Pantai Hamadi, berikut informasi selengkapnya. Segala sesuatu tentang pantai ini dijelaskan termasuk atraksi, rute menuju ke tempat tersebut dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana.

Atraksi Pantai Hamadi

Pemandangan di Pantai HamadiSumber gambar: Google Maps Gipson Wendikbo

Pantai yang indah ini memiliki banyak daya tarik yang menjadikannya unik di mata wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Objek wisata ini dilihat dari banyak sisi termasuk keindahan alamnya dan juga sisi sejarah Pantai Hamadi. Berikut daftar lengkapnya.

1. Pemandangannya indah

Salah satu daya tarik pantai ini tentu saja pemandangannya yang indah. Pemandangan air laut yang biru kehijauan ditambah dengan pemandangan hutan bakau dan pepohonan hijau di sekitar pantai membuat pemandangan pantai ini sangat indah.

2. Kaya akan peninggalan sejarah

Pantai Hamadi merupakan pantai yang kaya akan nilai sejarah. Sekutu mendarat di pantai ini untuk pertama kalinya pada tahun 1944 untuk melawan Jepang. Pasukan Sekutu membangun benteng dan juga meninggalkan banyak jejak sejarah di pantai ini.

3. Pemecah gelombang

Pantai ini memiliki dinding pemecah gelombang sehingga ombak tidak terlalu tinggi dan berbahaya di pantai ini. Karena dinding ini, gelombang atau ombak yang menabrak dinding disebut “gelombang terbang” karena setelah menabrak dinding mereka seolah-olah terbang kembali ke laut.

4. Matahari terbenam yang mempesona

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai HamadiSumber Gambar: Google Maps Farenheit Lanet

Matahari terbenam sebenarnya adalah salah satu momen yang paling ditunggu ketika kita berada di pantai ini. Letak pantai yang berada di ujung timur Indonesia ini memungkinkan sunset dapat terlihat dengan cukup jelas. Pantai menjadi penuh dengan cahaya jingga yang membuat pemandangan menjadi romantis dan sangat menyenangkan untuk dinikmati.

5. Fasilitas umum yang lengkap

Layaknya tempat wisata yang didedikasikan untuk wisatawan, Pantai Hamadi dikelola dengan mengutamakan kenyamanan pengunjung. Oleh karena itu, terdapat banyak fasilitas umum di sini, antara lain toilet, tempat parkir yang luas dan juga gubuk untuk beristirahat.

6. Bisa wisata kuliner

Jangan khawatir tentang perut di sini. Di pantai ini, para pedagang kaki lima bisa berbaris rapi di arena pantai dan menawarkan dagangannya untuk dijual. Banyak jajanan unik yang bisa kita cicipi di sini, termasuk jajanan khas Papua.

7. Ada tempat selfie

Wisatawan jaman sekarang belum puas kalau belum selfie atau foto di landmark. Pengelola Pantai Hamadi sangat menyadari hal ini. Mereka membangun spot selfie yang bisa dijadikan background saat berfoto. Salah satunya adalah huruf agak besar yang membentuk kata “I Love You”.

Alamat dan rute menuju lokasi

Kredit foto: Instagram Rilvy Afyatni Sofyan https://www.instagram.com/rilvyas/Kredit foto: Instagram Rilvy Afyatni Sofyan

Lokasi Pantai Hamadi berada di daerah Tobati, Jayapura Selatan, Papua. Berada di pusat kota Jayapura, jarak ke pantai tidak terlalu jauh, hanya sekitar 5 kilometer. Untuk sampai ke sana dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit.

Lokasinya tidak sulit dijangkau baik dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk rutenya, kita bisa mengambil rute terdekat menuju Jl dari pusat kota Jayapura. Hamadi Pante. Di jalan ini merupakan lokasi pintu gerbang untuk memasuki kawasan pantai.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Biaya masuk ke pantai HamadiKredit foto: Google Maps A. Suryana BGT

Harga tiket masuk wisata pantai ini cukup ramah di kantong. Pengunjung yang datang ke tempat ini tidak perlu membayar tiket masuk. Ya, masuknya gratis dan semua orang bisa masuk ke pantai untuk menikmati pemandangan dan melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya.

Selain biaya masuk, pengunjung biasanya dikenakan biaya parkir. Jika membawa kendaraan roda dua yang juga dikenal dengan sepeda motor, pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 sebagai biaya parkir. Sedangkan biaya parkir mobil atau mobil roda empat ditetapkan sebesar Rp 20.000.

Biaya lain yang mungkin dikenakan wisatawan adalah biaya sewa cottage di tepi pantai. Saat lelah dan ingin nongkrong di pantai tanpa takut kepanasan, deretan cottage ini bisa disewa. Harga sewa berkisar antara Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Aktivitas seru di Pantai Hamadi

Aktivitas seru di Pantai HamadiSumber gambar: Google Maps Ad Dhen

Apa yang harus dilakukan ketika mengunjungi pantai indah di Jayapura ini? Tenang saja, pantai ini menawarkan banyak kesempatan bagi wisatawan untuk melakukan banyak hal menarik. Berikut ini adalah daftar hal-hal yang dapat dilakukan ketika kita mengunjungi pantai ini.

1. Pemandangan

Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Hamadi hanya untuk menikmati pemandangan. Ya, pemandangan di pantai ini memang indah, apalagi jika kita datang saat pantai tidak terlalu ramai. Selain pemandangan pantai, Anda bisa menikmati suara deburan ombak dan juga angin yang bertiup di antara pepohonan.

2. Berenang

Seperti yang sudah disebutkan, pantai ini memiliki dinding pemecah gelombang. Alhasil, ombak di pantai ini tidak terlalu berbahaya dan pengunjung bisa berenang di sini. Tapi hati-hati ya, toh pantai ini mengarah langsung ke laut lepas.

3. Bermain voli pantai

Pantai ini memiliki hamparan pasir yang cukup luas dan biasanya digunakan pengunjung untuk bermain voli pantai. Terkadang jaring bola voli sudah terpasang di sini, namun jika tidak, pengunjung bisa membawa sendiri.

4. Berjalan-jalan melalui hutan bakau

Aktivitas di Pantai HamadiKredit foto: Facebook Talakua Manu

Di sekitar pantai ini terdapat hutan mangrove yang sangat indah. Pengunjung Pantai Hamadi dapat mengunjungi hutan mangrove ini dan melihat secara langsung tumbuhan hijau terapung yang tumbuh di sini.

5. Jalan bersejarah

kisah cinta? Pantai ini adalah tempat yang tepat untuk itu. Kita bisa mengunjungi benteng peninggalan Sekutu saat berperang melawan Jepang pada Perang Dunia II.

6. Menikmati matahari terbenam

Sangat mudah untuk menikmati matahari terbenam atau sunset di pantai ini. Matahari terbenam terlihat jelas dan kita bisa melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana matahari terbenam dan bersembunyi seolah tersedot oleh pulau-pulau di sekitar pantai.

Akomodasi murah dekat Pantai Hamadi

Akomodasi di dekat Pantai HamadiKredit foto: Google Maps Le Premiere Hotel

Jayapura merupakan salah satu kota terpenting di Papua, maka tidak heran jika di sekitar pantai banyak ditemukan hotel dan penginapan. Berikut beberapa penginapan yang paling dekat dengan pantai.

1. Hotel RedDoorz Pelabuhan Jayapura

Bagi Anda yang mencari akomodasi dengan fasilitas yang cukup lengkap dan harga yang terjangkau, RedDoorz Hotel Pelabuhan Jayapura bisa menjadi pilihan untuk dipertimbangkan. Di sini kita bisa tinggal dengan aman dan nyaman. Harganya berkisar antara 200 hingga 300.000 rupiah per malam.

2. Le Premiere Jayapura

Le Premiere Jayapura tidak jauh dari Pantai Hamadi dan fasilitasnya juga cukup lengkap. Pengunjung pantai yang ingin menginap di hotel yang tidak jauh dari pantai dan juga harga terjangkau bisa memilih Le Premier Jayapura sebagai salah satu pertimbangannya.

3. Hotel Jasmine

Hotel Jasmine juga tidak jauh dari pantai dan memiliki fasilitas yang lengkap. Hotel bintang tiga ini cukup ramah kantong untuk harga sewa dan lokasinya yang strategis. Dari hotel ini kita bisa langsung menuju pantai ini tanpa harus menempuh perjalanan jauh.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di area pantai HamadiKredit foto: Google Maps A. Suryana BGT

Sebagai salah satu wisata pantai yang menjadi andalan daerah Jayapura khususnya di bagian selatan, Pantai Hamadi telah mendapatkan fasilitas umum yang cukup lengkap. Pengelola pantai memastikan wisatawan dapat berwisata ke sini dengan aman dan nyaman.

Fasilitasnya cukup lengkap, antara lain adanya toilet umum yang bersih, tempat parkir mobil yang luas, serta kafe dan restoran di sekitar pantai. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir jika lapar atau ingin berwisata kuliner di dekat pantai ini.

Kita juga bisa berfoto di pantai yang indah ini, karena tergantung waktu, pengelola pantai sudah membangun spot selfie sebagai background saat mengambil foto, seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas.

Itulah tadi informasi lengkap tentang Pantai Hamadi di Jayapura. Jika Anda ingin berwisata ke pantai-pantai indah Papua, tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Fasilitasnya cukup lengkap dan harganya terjangkau. Hal ini semakin memudahkan wisatawan untuk mengunjungi Pantai Hits Jayapura.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button