Tempat Wisata

Pantai Jogan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Gunung Kidul diketahui memiliki beberapa objek wisata pantai di selatan Provinsi Yogyakarta. Salah satu yang menarik dari rangkaian pantai ini adalah Pantai Jogan. Pantai Jogan memiliki ciri khas yang berbeda dibandingkan dengan pantai-pantai di kawasan ini.

Yang menjadi daya tarik unik dari pantai ini adalah adanya air terjun di tepiannya. Hal ini sangat jarang kita temukan di pantai-pantai lain di Indonesia bahkan dunia. Pantai ini juga memiliki pemandangan kawasan sekitarnya yang sangat mempesona.

Jika Anda berencana mengunjungi Pantai Nglambor atau Pantai Siung, tidak ada salahnya untuk mampir ke pantai ini. Lokasi Pantai Jogan masih satu jalur dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung. Lebih tepatnya pantai ini berjarak 200 meter sebelah barat Pantai Siung.

Secara administratif pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Jika Anda datang dari pusat kota Yogyakarta, Anda harus menempuh jarak sekitar 70 kilometer untuk sampai ke lokasi pantai ini. Memang cukup jauh, namun beratnya perjalanan terkompensasi dengan keindahan air terjun yang mempesona di pantai ini.

Pesona Pantai Jogan

Keistimewaan dari pantai ini adalah letaknya yang bersebelahan dengan air terjun yang airnya langsung jatuh ke bibir pantai. Pantai ini dikelilingi oleh tebing bebatuan yang cukup tinggi dan terjal. Tebing-tebingnya yang dipenuhi tanaman hijau menambah keindahan Pantai Jogan.

Air terjun cantik ini berasal dari sungai air tawar di perbukitan karst kawasan tersebut. Jika Anda berjalan menyusuri jalan menuju pantai ini Anda akan melihat sungai. Saat musim hujan, volume air sungai ini meningkat. Sayangnya, ketika musim kemarau tiba, debit airnya pun berkurang sehingga berdampak pula pada aliran air di air terjun tersebut.

Saat air laut sedang surut di pantai, Anda akan melihat hamparan pasir putih dan bebatuan karang di tepi pantai. Untuk menikmati keindahan air terjun di pantai ini, pengunjung sangat disarankan untuk datang kesini saat permukaan air sedang rendah. Wisatawan tidak disarankan pergi ke pantai saat permukaan air laut sedang tinggi. Saat air pasang, jumlah air naik dan menutupi permukaan pantai ini.

Untuk turun Anda harus mendaki jalan terjal dan terjal di permukaan tebing pantai. Harus hati-hati karena jalannya sangat licin dan hanya ada tongkat yang bisa dijadikan pegangan. Begitu sampai di dasar, Anda bisa merasakan pesona alam yang ditawarkan pantai ini.

Suara gemericik air terjun yang jatuh di bebatuan karang berpadu dengan suara deburan ombak yang kencang menghantam tebing-tebing pantai seakan bisa menghilangkan kepenatan setelah menempuh perjalanan jauh. Selain itu, Anda juga bisa bermain air dan merasakan segarnya air terjun yang jatuh dari tebing pantai.

Fasilitas penunjang objek wisata tepi pantai ini masih sangat kurang. Sebab, pantai tersebut tidak dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat. Warung standar hanya ada beberapa dan tempat parkir cukup sempit.

Wisata Pantai Jogan

Pantai Jogan merupakan salah satu tempat wisata yang patut Anda kunjungi. Pantai ini menawarkan pesona dan keistimewaan tersendiri yang jarang ditemukan di pantai lain. Anda bisa menikmati keindahan pantai ini dan kesejukan air terjun dari bawah.

Jika beruntung, Anda akan menemukan puluhan kepiting kecil hidup di pantai ini. Banyak juga kupu-kupu cantik yang bertengger di bebatuan karang dan menambah keindahan pantai pesisir selatan.

Baca juga: Pantai Kesirat, surga tersembunyi di Jogja

Jika tak ingin turun, Anda juga bisa menikmati panorama alam dari atas tebing pantai. Dari atas Anda akan disuguhi pemandangan hamparan laut biru luas serta tebing-tebing hijau yang ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan.

Tempat ini juga merupakan pantai menarik yang bisa dijadikan tempat berfoto. Tak sedikit wisatawan yang melewati Pantai Jogan hanya untuk mengabadikan panorama alam di tempat ini. Di pantai ini Anda bisa berfoto dengan pemandangan berbeda, misalnya dengan latar belakang air terjun.

Sore hari Anda juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam di ufuk barat. Ombaknya mulai mereda, seiring dengan gemericik air terjun yang terus turun, dan langit yang berubah warna menjadi jingga seolah menciptakan suasana romantis yang sempurna.

Pantai Jogan juga menjadi destinasi populer bagi para pecinta camping. Pantai ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan, namun tetap asri dan alami. Pantai ini masih sepi karena banyak orang yang belum mengetahui lokasi pantainya. Berkemah di pantai ini tentunya akan memberikan suasana berbeda sembari Anda bisa menikmati keindahan alam dan juga menyaksikan indahnya matahari terbenam di sore hari.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Jam buka dan tiket Pantai Jogan

Pantai Jogan terbuka untuk umum 24 jam sehari. Biaya masuk per orang untuk wisatawan domestik dan asing adalah Rp. 3.000.

Peta lokasi Pantai Jogan

Tips wisata Pantai Jogan

  • Bawalah baju ganti jika ingin bermain di air terjun pantai.
  • Sebaiknya datang saat air sedang surut agar Anda bisa menikmati air terjun dari bawah.
  • Hati-hati karena jalur menuju Pantai Jogan berkelok-kelok.

Galeri Foto Pantai Yogan

Pantai Yogan
Potret air terjun di pantai
Spot foto dengan latar belakang laut

Spot foto di bebatuan karang
Sunset di Pantai Jogan

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button