Tempat Wisata

Pantai Karapyak: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kota Pangandaran di Jawa Barat terkenal dengan wisata pantainya yang beragam. Jika Anda mencari pantai yang menawarkan ketenangan dengan pemandangan yang indah dan masih alami, maka Pantai Karapyak adalah jawabannya.

Pantai ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki pantai lain. Pantainya masih tenang karena banyak bebatuan. Tebing yang curam dan ombak yang besar menjadi daya tarik tempat ini.

Fasilitas di Pantai Karapyak

Fasilitas wisata di Pantai Karapyak masih tergolong sederhana. Harga penginapan berkisar antara Rp 70.000 hingga Rp 250.000 tergantung fasilitas yang ditawarkan. Selain penginapan, juga terdapat musholla, tempat parkir, dan toilet umum. Ada beberapa warung makan dan minum dari ujung timur hingga ujung barat Pantai Karapyak.

Keindahan Pantai Karapyak

Pantai Karapyak menawarkan kondisi pantai yang sejuk dan bersih. Berbeda dengan Pantai Pangandaran yang ramai dan panas. Daya tarik pantai ini adalah pantai berpasir putih sepanjang sekitar 5 kilometer dengan bebatuan di tepi pantai. Pasir putih terdiri dari butiran batu kecil dan cangkang kerang yang haus. Di pinggir pantai ini terdapat bongkahan batu karang yang bisa Anda pijak dengan bebas di kejauhan dari bibir pantai. Di bebatuan banyak terdapat biota laut seperti alga.

Keindahan Pantai Karapyak semakin terlihat saat ombak laut surut dan pantai ini terlihat seperti taman laut. Anda bisa melihat puluhan bahkan puluhan ribu ikan hias kecil berenang bebas di antara bebatuan. Ada juga kepiting dan umang-umang yang masuk dan keluar dari lubang pasir dengan makanan. Bebatuan berserakan yang menjorok ke laut memang menjadi surga bagi ikan-ikan laut. Selain itu, kerang dan koral putih yang bertebaran di pantai sangat menggoda untuk dipungut dan dikoleksi.

Selain pasir putih dan terumbu karang, pantai ini memiliki tebing yang curam dan indah. Di bawah tebing curam Anda dapat dengan jelas merasakan suara ombak besar. Buih ombak di bawah tebing terjal menambah eksotisme Pantai Karapyak. Ombak yang besar dan pantai yang terjal membuat pantai ini kurang menarik. Selain itu, pantai ini tidak cocok untuk berenang karena tebing dan bebatuan yang curam.

Selain keindahan alamnya, Pantai Karapyak terbilang masih alami. Hal ini ditunjukkan dengan kebersihan pantai dengan sampah plastik yang berserakan dan sejenisnya. Kondisi alamnya masih alami dan terawat.

Berburu foto di pantai Karapyak

Spot foto terbaik dan menarik ada di tebing pantai. Anda bisa berdiri dengan saya di tebing latar belakang Pantai Karapyak Biru dan hamparan pasir putihnya yang luas. Namun, karena tebing terjal di pantai, kehati-hatian juga disarankan. Selain itu, bebatuan yang terjal juga bisa dijadikan objek foto yang menarik. Keindahan dan eksotisme pantai ini sangat sayang jika kamera Anda tidak mengabadikannya.

Biaya masuk ke Pantai Karapyak

  • Biaya masuk pejalan kaki: Rp 10.000
  • Biaya masuk sepeda motor: Rp 20.000
  • Biaya masuk Jeep/Limousine: Rp 60.000
  • Tiket masuk minibus kecil: Rp 95.000
  • Tiket masuk minibus besar: Rp 135.000
  • Biaya masuk minibus: Rp 205.000
  • Tiket bus tengah: Rp 295.000
  • Biaya masuk Big Bus: Rp 515.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka pantai Karapyak

Lokasi Akses ke Pantai Karapyak

Pantai Karapyak terletak di Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Jaraknya sekitar 78 kilometer dari alun-alun kota Ciamis dan 20 kilometer dari Pangandaran. Akses menuju pantai ini tidak terlalu sulit, meski masih banyak jalan yang rusak di beberapa tempat. Bahkan telah dilengkapi beberapa rambu jalan yang dapat membantu pengunjung menemukan lokasi pantai ini.

Namun, belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan pengunjung ke Pantai Karapyak. Sehingga hanya pengunjung yang membawa kendaraan pribadi saja yang bisa mencapai destinasi ini.

Ada dua jalan alternatif yang bisa menuju ke kota pantai ini. Rute pertama dimulai dari kantor kecamatan Kalipucang dengan jarak tempuh sekitar 13 kilometer. Kondisi jalannya cukup bagus, beraspal sehingga mudah dilalui, meski di beberapa tempat terdapat tanjakan yang curam. Rute kedua mengarah 9 kilometer dari persimpangan Emplak Rastplatz. Meski jaraknya lebih pendek, kondisi jalan lebih buruk.

Sesampainya di gerbang wisata juga ada 2 jalan menuju pantai. Terus lurus dulu, di jalan aspal yang mulus dan dengan pemandangan yang bagus, tapi jaraknya sedikit lebih jauh. Kedua, jaraknya lebih pendek, tetapi kondisi jalannya buruk dan ada turunan yang curam.

Tips Wisata di Pantai Karapyak

  • Lebih baik berkunjung saat musim kemarau karena pantai ini menunjukkan pesona terindahnya.
  • Tidak disarankan menggunakan kendaraan limosin karena banyak tanjakan dan turunan yang terjal.
  • Kenakan sepatu yang nyaman saat berjalan di pantai karena karangnya tajam dan bisa melukai.
  • Pastikan kebersihan dengan membuang sampah di lokasi yang telah disediakan oleh manajemen.
  • Jangan lupa untuk membawanya krim matahari untuk perlindungan dari terik matahari
  • Hati-hati dengan barang-barang pribadi masing-masing.

Jika Anda sedang berada di Pangandaran, jangan lupa menyempatkan diri untuk berkunjung Pantai Karapyak. Pantai unik ini memiliki pasir putih, tebing, dan bebatuan terjal. Tentu hal itu bisa menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu suasana pantai yang masih sepi sangat cocok bagi anda yang mencari istirahat, inspirasi atau sekedar relaksasi.

Galeri Foto Pantai Karapyak

Pantai Karapyak, berbatu dan berpasir
Dermaga di Pantai Karapyak
Tempat foto terbaik
pantai berpasir
potret pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button