Tempat Wisata

Pantai Ketapang Lombok – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp2.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Dusun Ketapang, Kec. Pringgabaya, Kab.Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; map: pemeriksaan situs

Pantai Ketapang atau juga dikenal dengan Pantai Tanjung Menangis memiliki keunikan tersendiri. Pantai indah di Lombok Timur ini memiliki pasir hitam yang terasa sangat halus saat Anda menginjak pasir ini.

Memiliki garis pantai yang cukup panjang memungkinkan pengunjung untuk menikmati hamparan pantai yang terlihat begitu mempesona. Air laut di pantai ini juga sangat jernih dan ditumbuhi berbagai jenis terumbu karang yang indah.

Pantai di Lombok ini sangat cocok untuk alternatif liburan keluarga. Karena pantai ini memiliki ombak yang tenang, Anda dapat mengajak anak-anak Anda untuk berenang di airnya bersama Anda. Selain itu, kawasan wisata ini memiliki bangunan mirip trotoar yang bisa dijadikan tempat bersantai dan piknik bersama keluarga.

Daya Tarik Pantai Ketapang

Objek wisata Pantai KetapangKredit foto: Instagram DJuhandi

1. Keindahan pasir hitam

Terkenal dengan pasir hitamnya, pantai ini memang bisa menarik pengunjung yang berlibur ke Pantai Ketapang. Meski berwarna hitam, pasir ini memiliki tekstur halus yang sangat lembut saat bersentuhan dengan telapak kaki.

2. Tempat pengobatan

Banyak pengunjung yang percaya bahwa pantai ini memiliki air laut yang bisa dijadikan media pengobatan. Air laut di kawasan wisata ini dipercaya mengandung zat ionik tinggi yang dapat mengobati berbagai penyakit. Penyakit yang konon bisa disembuhkan dengan air ini adalah asam urat, stroke, rematik, encok dan sebagainya.

3. Dikelilingi oleh banyak gunung dan bukit

Kawasan wisata pantai ini memiliki pemandangan yang indah dikelilingi oleh beberapa gunung dan perbukitan yang menambah sejuknya suasana tempat ini. Beberapa gunung dan bukit mengelilingi pantai ini yaitu Bukit Kayangan, Gunung Mantar dan Gunung Rinjani. Hal ini dapat menawarkan panorama keindahan alam tersendiri di pantai ini.

4. Jembatan pantai tengah

Objek wisata Pantai Ketapang sendiriKredit Foto: Instagram Perjalanan Saya

Pantai ini juga memiliki fasilitas jembatan yang menjadi daya tarik bagi pengunjung. Anda bisa merasakan segarnya angin pantai sambil menikmati keindahan alam yang tersaji di atas jembatan. Jembatan ini juga digunakan sebagai tempat memancing.

5. Ombak yang tenang dan garis pantai yang panjang

Seperti yang sudah disebutkan, Pantai Ketapang ini memiliki garis pantai yang panjang. Hal ini tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang senang berjalan-jalan di pantai sambil menikmati keindahan alam. Di kawasan pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan laut yang tenang dengan pasir hitam.

Selain itu, air laut di pantai ini juga sangat jernih. Anda bisa bermain air dengan bebas atau berenang di pantai. Selain laut, ombaknya juga cukup tenang sehingga cukup aman jika ingin bermain air.

6. Air laut yang bersih dan jernih

Air laut di kawasan wisata ini cukup bersih dengan warna pirus. Sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan kecil dan berbagai tumbuhan yang hidup di bawahnya. Warnanya yang jernih dan suara deburan ombaknya bisa menjernihkan pikiran saat berkunjung ke pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai KetapangKredit foto: Facebook Mizan Anwar

Obyek wisata pantai Ketapang ini terletak di Dusun Ketapang, Pringgabaya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju pantai ini anda bisa melewati Mataram. Dari Mataram jaraknya sekitar satu setengah jam atau sekitar 71 km.

Jalan menuju kawasan wisata pantai ini relatif mudah dilalui. Sambungan jalannya sendiri cukup bagus, meski 3 km terakhir menuju tempat ini memiliki jalan yang sedikit lebih sempit dari jalan tol biasa. Tapi itu bukan masalah besar, ditambah lagi kamu bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan.

Dalam perjalanan menuju pantai yang satu ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan menghijau yang akan memanjakan mata anda. Di pinggir jalan menuju kawasan pantai ini terdapat persawahan yang terlihat begitu indah. Selain persawahan, Anda juga akan melewati perkebunan kelapa yang bisa lebih menenangkan hati dan pikiran.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga tiket Pantai KetapangKredit foto: Instagram M dikitaufik

Pantai Ketapang belum memiliki pengelola khusus untuk mengelola secara resmi kawasan wisata ini, baik masyarakat sekitar maupun kawasan. Karena itu, tidak ada biaya atau tiket yang dikenakan untuk memasuki area ini. Artinya kamu bisa masuk ke pantai ini secara gratis.

Namun, pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenakan biaya parkir. Tarifnya Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Objek wisata pantai ini bisa dimasuki kapan saja karena tidak ada jam buka khusus di lokasi ini. Namun jika ingin mengunjungi kawasan wisata ini, waktu terbaik yang disarankan adalah pagi hari saat matahari terbit.

Aktivitas Seru di Pantai Ketapang

Aktivitas Seru Pantai KetapangKredit foto: Instagram FUTSAL BATUYANG

1. Serunya mancing di jembatan pantai

Pantai Ketapang bisa menjadi tempat yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat memancing. Ada berbagai jenis ikan yang bisa Anda dapatkan saat memancing di kawasan pantai ini. Tak heran, pada hari libur bank cukup ramai dengan pengunjung yang datang untuk memancing.

Selain bisa mancing di jembatan, kamu juga bisa mancing di dermaga yang dibangun. Tempat-tempat di sekitar kawasan wisata pantai ini juga sangat teduh dan menciptakan suasana yang tenang. Suasana ini dapat membuat ikan dengan mudah memakan umpan pancing Anda.

2. Upacara Buntung Rebo

Kegiatan menarik selanjutnya adalah mengikuti upacara Rebo Buntung. Upacara ini berlangsung setahun sekali, yaitu pada hari Minggu ketiga bulan Safar. Upacara ini diadakan untuk menyambut maulid Nabi yang juga bertujuan untuk mensucikan diri di air. Segala usia dapat mengikuti upacara turun temurun ini, dari anak-anak hingga orang tua.

3. Amati keindahan matahari pagi

Kawasan pantai ini sangat cocok sebagai tempat menyaksikan matahari terbit. Kesegaran udara pagi di kawasan wisata pantai ini juga turut andil dalam suasana dingin yang begitu menenangkan. Sentuhan jingga yang memantul dari perairan pantai dapat membuat siapa pun terpesona saat melihatnya.

4. Menikmati keindahan pantai sambil berolahraga

Kredit foto: Instagram Sat

Dengan garis pantai yang panjang dan pasir yang cukup padat, lokasi ini sangat bermanfaat sebagai tempat latihan. Anda bisa jogging atau yoga sambil menikmati keindahan alam Pantai Ketapang. Kegiatan ini pasti akan memberi Anda pengalaman yang menarik.

Kegiatan olahraga ini bisa Anda lakukan di pagi hari untuk mendapatkan kesegaran udara pagi yang masih sejuk. Juga untuk mencari ketenangan, karena pada sore hari kawasan wisata pantai yang indah ini sudah ramai pengunjung.

5. Bersantai di pantai

Pantai ini memiliki suasana yang menenangkan dan cocok sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan luasnya laut dengan ombak yang tenang dan hijaunya berbagai tanaman yang ada. Suasana yang tercipta di pantai ini bisa menenangkan pikiran Anda dari segala hiruk pikuk aktivitas sehari-hari.

6. Berburu foto

Ini dia aktivitas foto yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur. Selain itu, jika Anda berlibur ke Pantai Ketapang, jangan lewatkan momen untuk mengabadikan kenangan dengan keindahan alam pantai yang mempesona ini.

Ada banyak kesempatan foto yang menarik di pantai ini. Misalnya jembatan di tengah pantai, serta perpaduan antara pasir hitam dan air laut yang sangat menarik sebagai latar belakang saat berfoto. Saat datang di pagi hari, kamu juga tidak boleh melewatkan momen memotret matahari terbit dari matahari terbit yang terlihat begitu indah.

Penginapan murah dekat pantai

Kredit foto: Google Maps Iman Hidayat Ramsani

1. Villa Inn Pekosong

Penginapan terdekat adalah Villas Inn Pekosong. Penginapan ini terletak di Jalan Raya Pringgabaya dan hanya berjarak sekitar 5 km dari kawasan pantai atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Fasilitas penginapan ini antara lain akses WiFi, taman yang asri, antar jemput bandara, parkir dan juga sarapan pagi.

2. Pondok Samawa di tepi laut

Hotel dengan kamar eksotis ini bisa menjadi salah satu daftar pilihan akomodasi saat Anda berlibur ke Pantai Ketapang. Hotel ini menawarkan layanan pribadi yang sangat ramah yang membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap seperti wifi dan sarapan gratis, restoran, kafe, tempat parkir yang luas dan lain-lain.

3. Rumah asrama

Tempat ini bisa menjadi alternatif penginapan murah saat berlibur di pantai cantik di Lombok Timur ini. Penginapan ini memiliki kamar-kamar unik dengan dinding kayu. Ada juga kolam yang dikelilingi oleh paviliun jerami yang indah. Selain itu, penginapan ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang membawa anak kecil.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas Pantai KetapangKredit foto: Instagram dimas yayang

Fasilitas yang ada di kawasan Pantai Ketapang antara lain warung makan, mushola, toilet, tempat cuci piring dan beberapa tempat duduk. Dengan hadirnya beberapa fasilitas tersebut diharapkan dapat menunjang kebutuhan dan menawarkan kenyamanan dan rasa aman bagi setiap pengunjung yang berwisata ke pantai ini.

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat fasilitas jembatan yang bisa dijadikan tempat memancing bagi anda yang ingin memancing di pantai ini. Ada juga area seperti trotoar yang bisa digunakan untuk bersantai dan duduk-duduk di dekat area pantai sambil menikmati keindahan deburan ombak dan sejuknya angin laut.

Selain itu, bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi berupa mobil atau motor tidak perlu khawatir dan bingung harus memarkirnya di mana. Karena di pantai ini terdapat area yang cukup luas untuk parkir kendaraan. Sehingga Anda dapat menikmati berbagai aktivitas dengan perasaan tenang tanpa mengkhawatirkan keamanan kendaraan.

Nah, ini dia tempat wisata, itinerary, aktivitas menarik, akomodasi terdekat dan fasilitas yang tersedia di Pantai Ketapang, Lombok Timur. Sarana dan prasarana, serta akses jalan menuju objek wisata ini cukup memadai bagi pengunjung untuk berlibur dan menikmati keindahan pantai dengan lebih nyaman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button