Tempat Wisata

Pantai Samas Bantul – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp 4.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Sogo Sanden, Srigading, Kec. Sanden, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Pantai Samas telah dikenal sebagai tujuan wisata populer di kalangan anak muda sejak booming pantai ini pada tahun 2019. Pasir hitam berpadu dengan ombak yang menggulung menciptakan pemandangan yang sangat indah.

Pengunjung yang berkunjung ke pantai ini bisa bersantai dengan pemandangan yang indah. Panorama pantai ini menunjukkan luasnya lautan, yang tidak terlalu padat. Lelah setelah bekerja atau bosan dengan aktivitas yang sama.

Anda bisa menghilangkan rasa bosan tersebut dengan mengunjungi Wisata Pantai Samas Bantul. Sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin beristirahat dan bersantai.

Atraksi Pantai Samas

Pemandangan di pantai SamasKredit foto: Google Maps Susatyo Budi Widagdo

1. Panorama indah yang disajikan

Tidak heran jika Pantai Samas memiliki pemandangan yang indah. Ombak besar menggulung di birunya lautan. Sehingga udara di sekitar pantai masih terasa sejuk menjelang siang hari. Ombak ini membawa angin sepoi-sepoi yang bisa menenangkan jiwa para wisatawan yang datang. Banyak pengunjung yang betah berada di pantai ini.

Tidak hanya ombaknya yang indah, perpaduan birunya laut dan pasir hitam juga menambah keindahan pantai ini. Belum lagi tempatnya yang tidak ramai menambah keunikannya. Banyak wisatawan yang datang ke sini bersama keluarga, menjadikannya tempat rekreasi wisata yang indah.

Matahari terbenam sangat ditunggu-tunggu oleh para penikmat senja. Nah, ketika waktu menjelang sore hari, tepat sebelum matahari terbenam. Pantai ini menawarkan puncak keindahannya. Pemandangan eksotis tak luput dari pantai pasir hitam ini. Banyak orang mengabadikannya dalam foto.

2. Ada penangkaran penyu

Kura-kura kini menjadi hewan yang terancam punah. Dijuluki kura-kura Asia Tenggara, ia terancam punah karena berbagai faktor buatan manusia. Perusakan habitat akibat eksploitasi besar-besaran di laut, perburuan penyu, dan perubahan iklim akibat pemanasan global menjadi faktor mengapa penyu terancam punah.

Untuk mengatasi peluang yang kurang baik tersebut, pemerintah juga telah mendirikan penangkaran penyu. Konservasi penyu ini bertujuan untuk menyelamatkan populasi penyu dari kepunahan. Di cagar alam ini, sistem kekebalan penyu diperkuat dan penyu dijauhkan dari predator.

Perlindungan penyu juga tersedia di Pantai Samas. Ada empat jenis penyu yang biasa bertelur di sini, yaitu penyu sisik, penyu sisik, penyu hijau dan penyu belimbing. Dengan adanya konservasi penyu, pengunjung yang datang bersama keluarganya dapat menambah wawasan dan kepedulian terhadap populasi penyu. Banyak wisatawan datang dengan perlindungan penyu.

3. Ada taman bunga matahari

Tempat wisata lain yang juga menjadi daya tarik pantai ini adalah taman bunga matahari yang indah. Taman indah ini dulunya tidak dibuka untuk umum. Pemilik taman bunga matahari yang indah ini menanam bunga matahari sebagai hobi untuk melindungi tanaman cabai miliknya dari hembusan angin. Namun karena keindahannya yang tidak kalah dengan objek wisata utama, taman ini juga menjadi populer.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Pantai Samas

Alamat Pantai SamasKredit foto: Google Maps Sumantyo Kartika Nugroho

Pantai Samas merupakan tujuan wisata bagi wisatawan yang ingin menikmati ketenangan yang disuguhkan. Pantai ini terletak di Yogyakarta dengan jarak sekitar 35 km diukur dari Yogyakarta. Akses menuju pantai ini cukup mudah karena jalannya sudah dibangun dengan baik. Pengunjung juga tidak akan menemui kerusakan atau lubang.

Waktu tempuh menuju pantai eksotis ini sekitar 1 jam jika dihitung dari pusat kota Yogyakarta. Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan kemacetan yang akan terjadi saat liburan mendatang. Pantai ini memiliki akses jalan yang cukup kosong, sehingga kemacetan bisa diminimalisir. Bahkan jika tidak macet, banyak wisatawan akan datang berkunjung pada hari libur.

Wisatawan yang ingin berkunjung dari Yogyakarta bisa langsung menuju Jalan Bantul, untuk menuju kesini wisatawan bisa melewati Jembatan Janti. Setelah sampai di Jalan Bantul, wisatawan bisa berkendara ke pertigaan empat di Palbapang dan kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Samas. Setelah sampai di tempat wisata, pengunjung hanya perlu mengikuti jalan setapak untuk kemudian sampai ke tempat wisata tersebut.

Tidak hanya terkenal dengan pasir hitamnya yang berpadu dengan ombak yang menggulung. Pantai Samas juga terkenal dengan harganya yang ramah kantong. Mungkin karena itulah pantai ini sedang booming di kalangan anak muda di tahun 2019. Karena panorama yang disajikan begitu indah dipandang mata dan juga biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi objek wisata ini terbilang terjangkau.

Bagi pengunjung yang ingin bersantai di sini menggunakan angkutan umum seperti bus, pengunjung bisa menyiapkan dana sekitar Rp 70.000. Pengunjung dibawa ke tempat-tempat menarik dari Yogyakarta. Tidak perlu memikirkan bosan di dalam bus, jalan menuju pantai ini cukup indah karena pengunjung diajak melihat hamparan persawahan, perbukitan dan pegunungan yang sangat indah.

Aktivitas seru di pantai Samas

Aktivitas di Pantai SamasKredit foto: Google Maps Hartono Budi

1. Bersantai dikelilingi panorama yang indah

Hal yang paling dicari oleh wisatawan yang ingin datang ke Pantai Samas adalah keindahan yang terpancar. Gulungan pasir hitam dengan ombak yang besar dan birunya lautan seakan dipuja oleh semua orang yang datang ke sini. Meski jumlah pengunjung yang datang ke pantai ini tidak begitu ramai, namun hal itulah yang membuat pantai ini menjadi favorit para pecinta ketenangan karena tidak ramai.

Wisatawan yang datang dapat menikmati keindahan yang disuguhkan dengan bersantai di area pantai. Juga ditumbuhi pohon pinus di area ini yang terlihat anggun tersapu oleh angin yang diciptakan oleh ombak. Tentu saja relaksasi tidak lengkap tanpa makan sekaligus, wisatawan bisa bersantai dan menyantap makanan olahan yang dijual di warung-warung yang ada di sini.

2. Menambah ilmu untuk melindungi penyu

Edukasi tentang pentingnya memelihara hewan yang tergolong terancam punah adalah suatu keharusan. Menyadari hal ini akan membuat seseorang semakin khawatir dengan hewan yang terancam punah. Jangan hanya merawat hewan-hewan ini, tetapi juga meningkatkan kesadaran tentang habitat hewan malang yang terancam punah.

Di tempat wisata ini juga terdapat penangkaran penyu. Pengunjung yang datang ke Pantai Samas juga dapat mengunjungi penangkaran penyu ini. Sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang berniat membawa keluarga. Karena selain liburan yang menyenangkan, anak-anak di sini juga dididik dengan keberadaan penangkaran penyu.

3. Berfoto di taman bunga matahari yang indah

Seperti namanya, bunga ini berbentuk seperti matahari. Tidak sedikit orang di dunia ini yang menyukai bunga matahari. Warnanya yang cerah seolah membawa keceriaan bagi setiap orang yang melihatnya. Mengikuti tren saat ini, yang terutama estetika, telah menyebabkan bunga matahari menempati peringkat lebih tinggi dan dicintai banyak orang.

Untuk melihat keindahan bunga matahari, wisatawan pantai tidak perlu jauh-jauh meninggalkan kawasan wisata. Wisatawan bisa mendapatkannya di kawasan dekat pantai. Di sini terdapat taman bunga matahari yang sangat indah, banyak orang yang memanfaatkannya sebagai area selfie.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi murah di sekitar pantai LokasiSumber gambar: Google Maps IR Aprianto

1. OYO 1533 Lautan Paris

Penginapan ini menghadirkan tema alam yang dibalut dengan minimalis. Di area relaksasi terdapat ruang terbuka hijau dengan pepohonan dan beberapa tanaman yang mengelilinginya. Area kamar juga didesain dengan gaya minimalis, namun tidak ketinggalan tema kemewahan. Tempatnya yang bersih juga membuat penginapan ini cocok bagi wisatawan Pantai Samas yang ingin menghadirkan suasana pantai di penginapan.

2. Kinasih Puncak Inn

Penginapan ini mengusung tema sederhana. Ada paviliun kayu dan bambu di sini, memberikan nuansa tradisional pada penginapan. Spot foto juga tersedia disini, di rooftop pelanggan yang menginap bisa melihat birunya laut sambil menyantap menu.

3. Resor & Galeri Puri Brata

Hotel bintang dua ini mengusung tema tradisional Jawa yang sangat kental. Hal ini dibuktikan dengan berbagai karya seni Jawa di sekitar area hotel. Menu yang ditawarkan juga merupakan menu tradisional namun dengan gaya yang khas dan rasa yang lezat.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Samas Bantul

Fasilitas di Pantai Samas BantulKredit foto: Google Maps Mukdin Manik

Meski Pantai Samas relatif sepi pengunjung, namun fasilitas yang disediakan terbilang lengkap. Berbagai fasilitas yang disediakan pengelola bertujuan agar pengalaman liburan keluarga wisatawan semakin menyenangkan. Jadi, wisatawan yang datang ke sini tidak perlu khawatir dengan berbagai hal mengenai fasilitas di sini karena sudah lengkap.

Fasilitas umum seperti mushola, toilet, tempat parkir, warung makan dan kafetaria. Fasilitas penunjang seperti penangkaran penyu, taman bunga matahari dan taman bermain kini telah tersedia di sini. Pengunjung yang datang ke sini bisa mengajak keluarganya berlibur ke sini, selain pemandangannya yang indah, berbagai keuntungan lain juga bisa didapatkan.

Itulah hal tentang Pantai Samas di Bantul yang dirangkum di atas. Meski jarak dari pantai ini tidak terlalu jauh dari kota, namun kebersihan pantai ini patut diacungi jempol. Begitu juga dengan adanya konservasi penyu, yang dapat membawa manfaat baik bagi penyu maupun banyak orang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button