Tempat Wisata

Pantai Samas, surga laut eksotik penuh pesona di Bantul, Jogja

harga tiket: Rp4.000 Waktu aktif: 09.00 – 17.00 WIB, Alamat: Sogo Sanden, Desa Srigading, Kec. Sanden, Cab.Bantul, DI Yogyakarta; map: pemeriksaan situs

Menjelajah destinasi wisata di Indonesia sepertinya tidak pernah ada habisnya. Misalnya saja di objek wisata berupa pantai yang banyak ditemukan di berbagai provinsi dengan keindahannya masing-masing. Salah satu pantai yang paling populer dan tidak pernah sepi adalah Pantai Samas di Bantul. Panorama alam dari laut dengan angin kencang menjadi ciri khas tersendiri. Angin juga membawa ombak besar ke pantai, yang juga merupakan pemandangan yang indah.

Bantul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki potensi wisata berupa pantai yang menakjubkan. Tentu Anda tahu Parangtritis dengan pemandangan alamnya yang eksotis. Bisa dibilang destinasi bahari ini merupakan pantai yang hampir menyamai keindahan pantai di desa Parangtritis, Kretek. Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung bahkan menganggap Pantai Samas sebagai parangtritis kedua.

Pantai Samas tidak hanya menawarkan keindahan pantai yang unik, tetapi juga keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dapat Anda temukan di pantai lain. Namun kali ini Anda bisa menikmati keindahan laguna dan delta sungai. Bagi warga sekitar, keberadaan laguna dan delta membawa berkah tersendiri, karena di sinilah ikan-ikan berkumpul. Bagi wisatawan, panorama alam yang menjanjikan menawarkan daya tarik tersendiri.

Daya Tarik Pantai Samas Bantul

Daya Tarik Pantai Samas BantulSumber Gambar: Google Maps Achdiat Septiawan

Anda juga harus tahu bahwa setiap tempat wisata memiliki pesona tersendiri. Karena itu, banyak pengunjung yang datang. Pantai Samas juga sama, ada satu daya tarik yang membuatnya unik dan berbeda dari yang lain. Pemandangan mana yang membedakannya? Inilah beberapa yang paling menarik!

1. Keajaiban Laguna

Sedikit disebutkan di atas bahwa ada yang berbeda dari pantai indah ini yaitu adanya laguna. Penduduk setempat menamainya Laguna Pengklik, yang mengalir ke Delta Sungai Opak. Sungai terbentuk oleh proses alam yaitu abrasi air laut. Arus air yang tenang tanpa ombak menjadi daya tarik tersendiri, dengan kejadian yang diakibatkan oleh abrasi dari penahan berbentuk gundukan.

2. Pasir pantai hitam

Jika Anda menemukan pasir putih di pantai di tempat lain, kali ini berbeda. Pantai Samas memiliki pasir hitam halus yang biasa digunakan untuk bahan bangunan. Sebenarnya hampir semua pantai di Jogja memiliki pasir jenis ini. Misalnya di pantai Parangtritis Anda akan menemukan hamparan pasir hitam yang cukup luas. Bahkan lebih luas dari pantai Samas.

Bagi anak-anak, pasir jenis ini menjadi daya tarik baginya. Teksturnya lembut dan mudah dibentuk. Mereka pasti bisa dengan mudah membangun gedung atau apapun yang mereka inginkan. Tak sedikit juga orang dewasa yang mencoba bermain pasir saat berlibur untuk mengisi waktu luangnya.

3. Konservasi Penyu

Obyek wisata yang dimiliki Pantai Samas BantulKredit foto: Google Google Maps Deasy A.desiliani

Tidak banyak pantai yang juga merupakan Konservasi Penyu. Bahkan mungkin satu-satunya di Yogyakarta. Bahkan, pantai indah di Bantul ini sering dikunjungi hewan bercangkang ini saat bertelur. Karena itu, Rujito punya ide menarik, yaitu mendirikan penangkaran penyu dan melepasnya setelah menetas.

Dikatakan menjadi daya tarik karena pengunjung bisa membantu melepaskan penyu agar bisa melaut. Jika berminat, silahkan datang pada sore hari karena kegiatan dilakukan pada malam hari. Tujuannya untuk menghindari predator yang sering muncul di siang hari.

4. Jembatan Bambu di Pantai Samas

Ada jembatan bambu panjang tepat di lokasi Clicking Lagoon. Tempat ini biasanya digunakan bagi mereka yang ingin foto selfie. Lebarnya hanya 1 meter dengan panjang sekitar 200 meter. Uniknya karena jembatan tersebut menjorok ke laut, membuat wisatawan serasa berada di atas air laut. Untuk menikmati atau memasuki jembatan bambu siapkan 5.000 rupiah.

Alamat lokasi dan rute

Alamat Pantai Samas, BantulSumber gambar: Google Maps Christina Dewi

Menemukan lokasi Pantai Samas tidaklah sulit karena berada tidak jauh dari jalan lintas selatan. Alamat lengkap Sogo Sanden, Srigading, Sanden, Bantul, DI Yogyakarta. Anda dapat menemukan lokasi yang tepat di peta. Rutenya juga mudah, tidak jauh dari Pantai Parangtritis, sekitar 4 km dan 10 menit dengan mobil.

Bagi Anda yang berada di pusat kota Jogja, silakan ambil arah selatan menuju Jalan Brigjen Katamso. Lanjutkan berkendara hingga sampai di Jalan Parangtritis dan lurus saja hingga menemukan pertigaan Jalan Cepit – Tembi. Dari sini silahkan ambil arah selatan menuju Jalan Bantul. Silakan lanjutkan perjalanan untuk sampai ke kawasan pantai yang indah ini karena tempatnya tidak jauh ketika sudah sampai di titik terakhir.

Biaya masuk

Tiket Pantai Samas BantulSumber gambar: Google Maps Norbertus Yuni Artanto

Tidak ada yang mahal untuk sekelas objek wisata berupa pantai seperti Pantai Samas, Bantul. Pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar 4.000 rupiah, baik dewasa maupun anak-anak. Sedangkan sewa tempat parkir hanya dikenakan biaya 5.000 untuk mobil dan 2.000 untuk sepeda motor. Selain semua biaya yang telah disebutkan, ada biaya opsional lain bagi mereka yang ingin memasuki Jembatan Bambu dan Taman Bunga. Biaya yang harus dikeluarkan masing-masing adalah 5.000 rupiah. Tidak mahal kan?

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas di Pantai Samas, BantulKredit foto: Google Maps ICunk obid

Belum lengkap rasanya jika belum melakukan aktivitas menarik saat berlibur. Di hampir setiap pantai, semua aktivitas tidak jauh berbeda. Aktivitas pantai tentunya masih berkaitan dengan daya tariknya. Contohnya, jika sedang berada di atas jembatan bambu, Anda bisa menyusuri jembatan tersebut sambil menikmati udara segar khas pantai. Selain itu, berikut aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Samas!

1. Bermain pasir dan air

Pasir hitam bukan hanya daya tarik, tapi juga aktivitas yang menarik. Pengunjung biasanya berlomba membangun objek menarik seperti istana pasir, rumah bahkan terowongan bawah tanah. Kegiatan ini dapat dilakukan oleh segala usia, baik anak-anak maupun dewasa maupun pria dan wanita.

Selain itu, bermain air laut juga bisa menjadi kegiatan alternatif. Sesekali, salut ombak yang merayap ke pantai membuat suasana semakin merah. Apalagi saat angin kencang, ombak yang bergulung ke pantai biasanya lebih tinggi. Namun tetap harus memperhatikan keselamatan, tidak jarang ombak besar mencapai tengah pantai.

2. Bersantai di taman bunga

Bosan bermain di tepi Pantai Samas? Tak jauh dari lokasi terdapat taman asri dengan bunga-bunga yang didominasi bunga matahari. Uniknya, taman yang dipenuhi bunga-bunga indah ini sebenarnya hanya ada untuk melindungi tanaman cabai di sekitar tempat tersebut. Hanya saja karena semakin ramai, pemilik berinisiatif untuk menanam bunga lagi dan memungut biaya bagi yang ingin masuk untuk menikmati keindahannya.

Jika berminat silahkan datang ke Dusun Tegalsari, Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Luas taman ini cukup untuk menghabiskan sisa waktu setelah menikmati keindahan pantai ini. Keindahan semakin terlihat saat mekarnya serasi dengan warnanya. Ada yang memanjang dengan warna kuning diikuti putih di sebelahnya. Ada juga plot kecil dengan bunga berwarna-warni. Merah, kuning, ungu dan putih adalah warna yang bisa Anda lihat di taman bunga Bantul.

3. Wisata kuliner terapung

Menikmati makanan di warung sudah pasti biasa. Bagaimana dengan kuliner terapung? Ini juga yang membedakan Pantai Samas dengan pantai lainnya. Pengunjung dapat menikmati hidangan khas yang terbuat dari ikan hasil tangkapan nelayan. Jangan takut ombak, karena warungnya dibangun semi permanen di atas pohon.

Semakin menarik dengan desain warung yang menyerupai gazebo. Sehingga Anda bisa menikmati keindahan laut tanpa halangan. Begitu juga dengan semilir angin pantai yang terkadang membuat suasana melayang. Tidak perlu menghindar dari harga, karena masih terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Di tempat yang sama, Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan jelas saat berada di gardu pandang. Tidak terlalu tinggi tapi cukup untuk melihat laut lepas dari titik yang lebih bagus. Selain itu, ada juga tempat bermain anak yang pastinya lebih aman dibandingkan bermain di pantai.

4. Nikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Aktivitas seru di Pantai Samas, BantulKredit foto: Google Maps Mytha Nura

Kegiatan semakin lengkap ketika Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Perlu diketahui bahwa tidak semua pantai menawarkan panorama alam yang begitu indah. Tergantung luas dan arah pantainya, karena ada juga pantai yang timur dan baratnya tertutup daratan atau pulau tetangga.

Jika ingin menikmati sunset di Pantai Samas, silahkan datang pada sore hari menjelang gelap. Sebaliknya, jika ingin menyaksikan indahnya pancaran sinar jingga matahari saat matahari terbit, silakan datang sebelum matahari bersinar. Namun, semuanya bisa Anda nikmati saat cuaca cerah dan tidak mendung.

5. Berburu spot foto

Dalam hal mengabadikan momen berlibur, hampir setiap turis melakukannya. Bahkan bisa dikatakan liburan menjadi sia-sia jika Anda tidak mengingatnya. Selain itu, ada banyak tempat indah yang bisa dijadikan momen seru berlibur. Jika perlu, Anda juga dapat berbagi di media sosial.

Tempat indah yang dimaksud adalah Jembatan Bambu. Tidak banyak yang berpikir untuk memotret dengan titik ini. Bahkan jika sudut pandangnya diambil dengan benar, hasil fotonya pasti akan indah dan tidak mengecewakan saat diunggah ke media sosial. Tempat indah lainnya pastinya adalah taman bunga matahari. Keindahan warna-warni bunga terlalu mahal untuk dilewatkan. Dengan pose yang berbeda kamu bisa menggunakan background taman bunga yang cantik ini.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Pantai Samas, BantulKredit foto: Google Maps Saya ingin tahu

Setiap tempat wisata yang dikelola dengan baik pasti memiliki fasilitas yang memadai, hal yang sama bisa Anda dapatkan jika berada di pantai Samas. Fasilitas seperti toilet, mushola dan tempat parkir sudah terjamin. selain itu juga terdapat penginapan yang siap dijadikan tempat peristirahatan jika anda jauh dari tempat wisata. Tempatnya tidak terlalu jauh dari pantai. Sehingga Anda selalu bisa kembali jika belum puas menikmati keindahannya.

Apa yang ditemukan di Pantai Samas, Bantul pasti akan menarik. Baik dari segi kegiatan maupun fasilitas. Daya tariknya luar biasa dan didukung oleh fasilitas yang memadai. Hanya saja karena ini pantai sebaiknya waspada, apalagi bagi yang membawa anak di bawah umur. Pantai selatan terkenal dengan angin kencang dan ombak besar yang bisa berbahaya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button