Tempat Wisata

Pantai Tabanan Soka – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Antap, Kec. Selemadeg, Kab.Tabanan, Bali; map: Cek lokasi

Siapa yang tidak mengenal Bali, tempat yang terkenal dengan pesona alamnya yang tak ternilai harganya, salah satunya adalah Pantai Soka di Tabanan. Pantai merupakan destinasi wisata yang dapat menarik perhatian banyak orang yang berkunjung ke pulau dewata bahkan seluruh nusantara. Tentu saja Anda bisa bangga akan hal itu.

Jadi sayang sekali jika Anda berada di Bali namun tidak bisa menikmati keindahan pantai yang tiada duanya ini. Walaupun mungkin bagi sebagian orang, hit pantai ini masih terdengar asing. Hal ini sebenarnya wajar saja, karena tempatnya sendiri belum banyak diketahui orang.

Berbeda dengan Pantai Green Bowl, Pantai Nusa Dua, Pantai Kuta dan beberapa pantai terkenal lainnya. Tapi tenang saja, karena pemandangan yang disuguhkan di Pantai Soka juga tidak kalah menarik. Berikut adalah berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang tempat wisata ini sebelum mengunjunginya.

Atraksi Pantai Soka

Atraksi Pantai SokaSumber gambar: Google Maps raden fr

1. Dekorasi Pantai

Pasir hitam merupakan salah satu keunikan yang dimiliki pantai ini. Saat terkena sinar matahari, pasir hitamnya terlihat berkilau indah. Lalu ada bebatuan yang menghiasi area pantai dengan deretan dan banyak pohon kelapa yang melambai yang menyejukkan hati.

Selain itu, di sisi timur batu akan ada gua yang dihuni banyak burung walet. Nah, gua itu bernama Gua Bulung Daya. Ada juga pura yang menjadi tempat yang sangat istimewa bagi pengunjung yang ada di sana.

Itu karena Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam secara maksimal dari atas pura. Di sisi lain, pura sangat erat kaitannya dengan perjalanan spiritual yang dilakukan oleh Pedanda Bawu Rauh.

2. Legenda atau mitos berkembang

Di Pantai Soka Bali masih ada mitos hingga saat ini yaitu sebuah batu karang dengan diameter 3 m. Batuan tersebut berbentuk menyerupai tempayan yang dikelilingi oleh air laut dan pasir, masyarakat menyebutnya Payuk Kebo Iwa. Ada juga batu berupa dapur berukuran 1 x 20 m.

Kebo Iwa adalah seorang tokoh legendaris Bali, ia adalah seorang pemuda yang bertubuh jangkung, jangkung dan pemberani. Kebo Iwa konon pernah memanfaatkan atau memanfaatkan pantai ini untuk memasak. Jadi orang bilang batu besar ini bernama Kebo Iwa. Sejauh ini Anda dapat melihat dua batu besar.

3. Matahari terbenam

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai Soka PantaiSumber gambar: Google Maps Bima Firbananta

Saat sore menjelang, akan rugi jika tidak melihat indahnya sunset di tempat ini. Matahari terbenam akan terlihat menakjubkan dan memanjakan mata.

Pemandangan matahari terbenam di garis cakrawala dapat membuat siapa pun terpana untuk melihatnya lagi. Panorama matahari terbenam merupakan salah satu keunikan atau daya tarik yang tidak bisa membuat pantai ini kalah indah dari pantai lainnya.

4. Alam yang indah

Setiap pengunjung juga akan disuguhi panorama indah dan keindahan alam. Pantai yang menghadap ke selatan menawarkan pemandangan alam laut biru yang mempesona. Di sebelah barat terdapat gugusan perbukitan yang terhubung dengan perbukitan Gunung Batukaru.

Di sebelah timur, gunung tertinggi di Bali menjulang tinggi dan perkasa. Beruntung saat cuaca cerah karena samar-samar Anda bisa melihat kawasan Balmbangan di pulau Jawa.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SokaKredit Foto: Google Maps Miss Ellyza

Bagi anda yang tertarik untuk datang ke Pantai Soka, anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat tersebut. Dekat dengan jalan utama yang menghubungkan Bali dan Denpasar, yaitu 45 km dari Denpasar dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari Bandara Ngurah Rai. Alamat lengkapnya di Jl Raya Denpasar Gilimanuk, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan, Bali.

Akses ke sana cukup mudah dan jalannya cukup bagus. Anda bisa menggunakan mobil pribadi atau motor, namun jika tidak memiliki kendaraan sendiri, Anda bisa menyewanya dengan harga yang terjangkau berkisar antara 50.000 rupiah hingga 175.000 rupiah.

Namun, jika Anda memilih untuk bepergian dengan transportasi umum seperti bus, dll, tidak perlu bingung akan transit di mana. Anda tinggal turun di bus kota yang ada di distrik Selemadeg.

Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek atau kendaraan lain untuk sampai di Desa Antap. Begitu Anda tiba di Desa Antap, Anda sudah dekat dengan pantai. Jika Anda masih tidak tahu rutenya, jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Pantai SokaKredit foto: Google Maps Putu Hendra Sagita

Jika Anda adalah tipe orang yang selalu berpikir dua kali untuk membelanjakan uang. Nah, pantai yang indah ini menjadi destinasi wisata yang sangat cocok untuk Anda.

Karena Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket masuk dan biaya parkir. Ini tidak akan mengangkat alis Anda karena semua orang dapat memasuki area pantai secara gratis.

Aktivitas di Pantai Soka

Kredit foto: Facebook Nyoman Wiastra

1. Arung Jeram

Pantai ini berada di dekat Sungai Balian atau Tukad Balian. Dimana tempat ini merupakan salah satu tempat yang terkenal untuk kegiatan arung jeram, Sungai Balian berada di sebelah barat Pantai Soka. Tidak hanya panorama pantai, kebun kelapa hijau juga disuguhkan kepada pengunjung saat arung jeram.

Biaya yang Anda keluarkan tentunya akan tergantung dari paket yang Anda ambil. Tarif rata-rata yang dikenakan mulai dari 150.000 rupiah hingga lebih dari 300.000 rupiah. Ada juga paket tertentu yang menawarkan layanan berupa makanan.

2. Bermain pasir

Selain warnanya yang unik, pasir di pantai eksotis ini juga sangat menyenangkan sebagai media bermain. Anda dapat membentuknya menjadi berbagai hal menarik seperti kastil, bola, dan bentuk lainnya. Ini akan sangat menyenangkan, terutama jika Anda membawa serta anak-anak Anda.

3. Berenang

Aktivitas di Pantai SokaKredit foto: Google Maps sujai jai

Ombak di Pantai Soka relatif rendah dan tenang. Tentunya dengan kondisi seperti itu sangat cocok untuk kegiatan santai maupun seru seperti berenang. Tenang saja karena aktivitas ini sangat aman dilakukan di pantai ini.

4. Memancing udang

Pantai ini memiliki salah satu tempat terbaik untuk memancing kepiting. Tepatnya di sisi barat yang dipenuhi karang yang tidak terlalu tinggi. Biasanya para nelayan di kawasan tersebut menawarkan jasa memancing udang kepada pengunjung di sana.

Dengan biaya sewa perahu sekitar 300.000 rupiah Anda sudah bisa dibawa keluar untuk memancing di tengah laut. Jika beruntung, Anda tidak hanya bisa mendapatkan udang tetapi juga berbagai jenis biota laut lainnya.

Anda dijamin akan mengalami pengalaman memancing yang benar-benar berbeda. Asalkan ombaknya bersahabat, persewaan akan dibuka mulai pukul 8 pagi.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi Pantai Soka PantaiSumber Gambar: Google Maps untuk Khan

1. Balian Paradise Resort

Anda bisa menginap di hotel yang satu ini dengan harga mulai dari 230.000 rupiah per malam. Fasilitas yang terjaga seperti kolam renang, wifi gratis, akses pantai, AC, sarapan pagi, parkir dan lain sebagainya.

2. Glamping Soka Indah

Penginapan ini cocok untuk pengunjung yang membawa anak kecil. Pemandangan di penginapan juga sangat indah dan membuat semua orang betah bermalam disini.

3. Pantai Gubug Balian

Konsep penginapan ini cukup sederhana, namun tetap memiliki nuansa mewah. Fasilitasnya sendiri seperti parkir, wifi gratis, sarapan pagi, kolam renang, restoran, AC, dll.

Tersedia fasilitas area pantai

Kredit foto: Google Maps Isdar Wahim

Makan di luar sambil menikmati keindahan pantai memang cukup nikmat. Anda bisa mengunjungi salah satu restoran di dekat Pantai Soka Tabanan. Pilihan kulinernya beragam mulai dari makanan khas nusantara, western, chinese food, hingga berbagai jenis seafood.

Usai bermain di pantai, pengunjung bisa mencoba fasilitas berupa wahana di Adventure Park. Contohnya seperti Pipe and Ball, Ice Breaking, Flying Fox dan ATV. Sebuah toko pusat yang menjual oleh-oleh khas Bali juga telah didirikan bagi mereka yang ingin membeli oleh-oleh.

Selain itu, ada jasa sewa perahu yang memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan laut. Tersedia juga rest area yang nyaman dan kamar mandi bersih yang memastikan pengunjung tidak akan menyesal datang ke sini.

Itulah berbagai hal menarik tentang Pantai Soka di Tabanan, Bali. Dapatkan pengalaman baru dengan mengunjungi beberapa destinasi laut terpopuler di Bali.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button