Tempat Wisata

Pantai Tanjung Batu Sorong – atraksi, aktivitas, lokasi dan harga tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL Tj Kasuari, Malaingkedi, Sorong Manoi, Kota Sorong, Papua Barat; map: Cek lokasi

Pantai Tanjung Batu terletak di salah satu kota paling maju di Papua Barat. Meski udara di Sorong cukup panas dan padat penduduk, namun kawasan pantai ini memiliki banyak pepohonan yang rindang dan sepi, apalagi di hari biasa. Sangat cocok untuk tamasya keluarga murah.

Pasir di pantai ini berwarna putih. Lingkungannya juga bersih, sehingga pemandangan di sekitarnya terlihat alami dan terjaga. Air laut yang bersih dengan ombak yang tidak terlalu besar dengan air yang sangat segar. Pantai ini merupakan tempat yang aman untuk bermain air di sekitar pantai tanpa takut tersapu ombak.

Sebagai destinasi wisata yang sedang naik daun di Sorong, Pantai Tanjung Batu cukup ramai di akhir pekan atau saat musim liburan. Namun jika anda datang pada hari biasa, maka pantai ini akan sangat tenang dan sepi. Pengunjung yang mencari tempat yang nyaman untuk bersantai di alam bisa datang ke pantai ini pada hari biasa.

Atraksi Pantai Tanjung Batu

Kredit foto: Google Maps ELIAS KARAMOY

Ada beberapa atraksi yang bisa menarik perhatian wisatawan. Beberapa daya tarik pantai ini adalah sebagai berikut.

1. Keindahan pantai

Daya tarik utama Pantai Tanjung Batu adalah pemandangan pantai yang sangat indah. Pasir putihnya memiliki tekstur yang lembut, sehingga berjalan tanpa alas kaki di atas pasir tidak akan membuat kaki Anda sakit. Warna pasirnya yang putih kecoklatan juga terlihat semakin indah saat terkena sinar matahari.

Selain itu, air lautnya juga menawarkan warna yang memanjakan mata. Dengan warna biru muda dengan nuansa turquoise sangat indah untuk dipandang. Dipadukan dengan pasir putih, lingkungan yang sangat bersih dan masih alami, menjadikan keindahan pantai sebagai tujuan utama pengunjung untuk menikmati liburan.

2. Ombak Pantai

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang di bibir pantai. Meski kehati-hatian dan pengawasan diperlukan, anak-anak dan orang dewasa bebas bermain air di sekitar pantai. Namun, ombaknya cukup kuat di perairan yang lebih dalam. Dengan keadaan ombaknya, pantai ini merupakan tempat yang bagus untuk berselancar.

Keadaan ombaknya tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung datang untuk berbagai kegiatan menyenangkan, termasuk permainan air atau selancar. Ombak di Pantai Tanjung Sorong membantu pengunjung menikmati liburan yang menyenangkan. Tak heran, pantai ini akhirnya menjadi tempat liburan yang semakin populer.

3. Batu besar

Objek Wisata yang dimiliki oleh Pantai Tanjung BatuKredit foto: Google Maps ELIAS KARAMOY

Salah satu keistimewaan Pantai Tanjung Batu adalah adanya batu karang besar yang menjorok ke laut. Batuan ini tidak terlalu tinggi, tetapi butuh energi untuk sampai ke sana. Banyak pengunjung datang untuk mendaki batu besar ini dan menikmati keindahan alam dari atas. Sensasinya sebenarnya cukup berbeda dengan deburan air laut yang terasa lebih dekat.

4. Angin

Pantai ini cukup panas dan panas karena berada di garis khatulistiwa. Meskipun demikian, angin di daerah ini sangat lembut, sehingga terasa menenangkan. Hembusan angin yang menerpa wajah pengunjung akan terasa menyejukkan. Oleh karena itu, tempat ini sering menjadi tempat untuk menenangkan diri dan beristirahat dari aktivitas sehari-hari, karena kekenyangan.

Tidak hanya itu, di sekitar pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Pohon-pohon ini bisa menjadi tempat yang segar dan sejuk untuk berteduh. Pohon-pohon dari spesies yang berbeda tidak hanya untuk pengunjung tempat penampungan. Keunggulan lain yang juga sangat penting yaitu perlindungan pantai ini dari bahaya abrasi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Rute Menuju Pantai Tanjung BatuKredit foto: Google Maps Benkris Koloman

Pantai Tanjung Batu terletak di Sorong Manol, Kota Sorong, Papua. Lebih tepatnya di Jl. Kasuari Tanjung, Malaingkedi. Pantai ini tidak terlalu jauh dari pantai lain yaitu Pantai Tanjung Kasuari. Banyak yang mengira keduanya adalah pantai yang sama, padahal sebenarnya berbeda. Hanya lokasi yang dekat.

Pantai ini juga sangat dekat dengan Bandara DEO. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer atau kurang lebih perlu menempuh perjalanan selama 35 menit. Jika Anda datang dari luar kota, Anda akan menemukan penginapan atau homestay di sepanjang perjalanan ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi khawatir akan bermalam di mana.

Untuk mencapai tempat pantai, lebih mudah jika Anda memulai perjalanan dari Kota Sorong. Jaraknya hanya sekitar 7 kilometer. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan ojek. Ongkosnya sekitar Rp 30.000 meskipun lumayan dekat karena sebenarnya ada perbedaan harga dibanding pulau lain.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung BatuKredit foto: Google Maps Temukan daerah terpencil

Pantai Tanjung Batu merupakan kawasan wisata yang sangat murah. Buka setiap hari dan lebih ramai di akhir pekan. Untuk masuk ke pantai ini tidak dipungut biaya apapun. Anda hanya perlu membayar biaya parkir. Biaya parkir sebesar Rp 50.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 20.000 untuk sepeda motor.

Harga parkirnya memang cukup mahal dibandingkan harga di pulau lain seperti Jawa. Namun, ada perbedaan harga di Papua, sehingga biaya parkir adalah harga yang wajar. Apalagi setelah sampai di pantai, Anda akan disuguhkan dengan keindahan pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru.

Aktivitas Seru di Pantai Tanjung Batu

Aktivitas di Pantai Tanjung BatuKredit foto: Google Maps dapat Khong Guan

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Tanjung Batu. Dengan berbagai aktivitas tersebut, liburan Anda di kawasan ini akan semakin menyenangkan. Anda tidak hanya bisa melakukan aktivitas sendirian, tapi juga bersama teman atau keluarga.

1. Pemulihan

Jika Anda datang bersama keluarga, rekreasi akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda bisa menggelar tikar dan menikmati makanan yang dibawa dari rumah. Dengan angin sepoi-sepoi di antara pepohonan serta suara deburan ombak pasti akan menggugah selera Anda, apalagi jika Anda melakukannya bersama orang-orang tersayang.

2. Berenang

Dengan ombak yang tidak terlalu besar di bibir pantai, sangat cocok sebagai tempat berenang. Baik anak-anak maupun orang dewasa dapat dengan leluasa menikmati kesegaran air laut. Tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan di pantai dan memerlukan pengawasan bagi anak-anak, karena semakin dekat ke tengah laut, ombak semakin kencang.

3. Berselancar

Jika Anda menyukai aktivitas selancar, maka pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk berlatih aktivitas olahraga air ini. Ombak di pantai Tanjung Batu memang mendukung untuk kegiatan yang sangat menyenangkan ini. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang datang dengan membawa papan selancar untuk mencoba ombak di salah satu pantai di Sorong.

Akomodasi di sekitar

3 akomodasi dekat Pantai Tanjung BatuSumber Gambar: Google Maps Garry Julian

1. tinggal di kota

Penginapan ini sangat dekat dengan pantai dan sangat terjangkau. Jaraknya hanya 4 kilometer dari lokasi. Selain itu, penginapan ini juga letaknya strategis dan dekat dengan tempat umum lainnya. Dengan kamar yang nyaman, menginap di penginapan ini hanya cukup membayar Rp 290.000 per malam.

2. Kofiyau

Jarak penginapan ini dari pantai jauh lebih sedikit dibandingkan dengan penginapan sebelumnya. Terletak hanya beberapa meter dari pantai. Hotel ini juga sangat strategis bagi wisatawan dari luar daerah karena dekat dengan bandara. Harga sewanya hanya Rp 270.000 per malam.

3. Anda & Saya Hotel

Hanya 4 kilometer dari pantai, penginapan ini menawarkan fasilitas yang terjangkau. Hanya dengan biaya sewa Rp 250.000 per malam, Anda tidak hanya mendapatkan kamar yang nyaman, tetapi juga WiFi, AC, dan parkir. Selain itu, penginapan ini juga menawarkan layanan 24 jam.

Tersedia fasilitas area pantai

Fasilitas di area pantaiKredit foto: Google Maps Azarya Wanggai

Fasilitas di Pantai Tanjung Batu lebih dari cukup. Ada tempat parkir untuk kendaraan pribadi Anda, juga ada kamar mandi di mana Anda bisa berenang di pantai. Ada juga mushola untuk beribadah.

Jika tidak membawa tikar, Anda bisa beristirahat di meja dan kursi kayu yang banyak bertebaran di area pantai. Meja dan kursi ini berada tepat di bawah pohon, memungkinkan Anda untuk berteduh dari terik matahari.

Ada juga banyak warung makan yang tersebar di sekitar pantai sehingga Anda masih bisa mengisi perut jika tidak membawa makan siang. Toko-toko ini menawarkan berbagai spesialisasi. Sehingga tidak hanya perut yang kenyang, Anda juga bisa berwisata kuliner menelusuri khas daerah Papua.

Pantai Tanjung Batu memang berada di kota yang cukup padat penduduknya dan udaranya panas, namun kawasan ini justru menyuguhkan ketenangan dan kesejukan dari pepohonan di sekitarnya. Karena merupakan tempat wisata yang murah, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas menarik bersama keluarga.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button