Tempat Wisata

Pantai Thomas Uluwatu Bali – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Cab.Badung, Bali; map: pemeriksaan situs

Pantai Thomas Uluwatu, sebuah pantai tersembunyi di barat daya pulau Bali. Bagian barat pulau Bali masih menyuguhkan keindahan alam laut dan pantai dengan tebing bukit terjal yang belum banyak terekspos oleh wisatawan.

Pantai indah ini menawarkan panorama keindahan alam berupa pantai berpasir putih yang lokasinya tersembunyi di balik tebing bukit yang curam, akses jalan menuju kesana cukup sulit sehingga jarang dikunjungi atau bahkan diketahui orang. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan.

Pantai dengan pemandangan alam yang luar biasa ini merupakan tujuan wisata terbaru yang menawarkan wisata petualangan dan keindahan dalam satu tempat. Nama Thomas Beach diambil dari nama penemunya, orang asing bernama Thomas. Berikut ini adalah pembahasan tentang pantai indah tersembunyi di Bali.

Daya tarik yang dimiliki Thomas Beach

Obyek wisata Pantai ThomasSumber gambar: Google Maps Jonas Hein

1. Pantai pasir putih

Pantai Thomas Uluwatu memiliki pasir yang putih dan lembut, kondisi pantainya masih sangat bersih, suasana alamnya masih begitu tenang sehingga cocok sebagai private beach bagi wisatawan yang mencari penyegaran untuk menenangkan pikiran. Pesona itu semakin nyata saat senja tiba.

2. Tebing-tebing indah menjulang tinggi

Daya tarik utama pantai cantik ini adalah tebing-tebing tinggi yang mengelilinginya. Keberadaan tebing ini seperti pintu gerbang untuk menyambut wisatawan yang ingin melihat keindahan pantai. Suara gemuruh ombak yang tenang tak henti-hentinya mengiringi setiap langkah yang mencoba menghampirinya.

3. Ombak di pantai ini cukup besar untuk berselancar

Pantai Thomas Uluwatu merupakan tempat yang ideal bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berselancar atau surfing.

Kawasan Uluwatu memang terkenal dengan ombak pantainya yang cukup tinggi dan memanjang karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Penggemar selancar pasti akan sangat senang dengan pantai eksotis ini.

4. Matahari terbenam yang mempesona

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai cantik ini adalah pada sore hari saat matahari terbenam. Keindahan sunset berpadu dengan eksotisme pantai menjadi pemandangan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ada juga bongkahan batu besar yang bisa pengunjung jadikan spot foto sambil menikmati sunset.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Thomas BeachKredit Foto: Google Maps Dan O’Cker

Lokasi Pantai Thomas berada di sepanjang pesisir barat daya Semenanjung Bukit di Uluwatu, Bali Selatan. Pantai indah ini berada tepat di antara Pantai Blue Point Uluwatu atau Pantai Suluban dan Pantai Padang-Padang. Secara administratif, situs ini terletak di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Akses menuju Thomas Beach Uluwatu sendiri sangat mudah. Wisatawan bisa berwisata ke Uluwatu, untuk menuju tempat Uluwatu wisatawan perlu menggunakan transportasi sendiri baik itu sepeda motor atau mobil sebaiknya sewa kendaraan di Bali agar lebih mudah kemana-mana.

Setelah sampai di Uluwatu, ada beberapa cara untuk menuju Pantai Thomas. Pengunjung bisa terlebih dahulu berwisata ke Suka Cafe. Akses jalan menuju Suka Cafe masih berupa jalan berkerikil. Ikuti jalan yang ada hingga bertemu jalan kecil yang mengarah ke bawah.

Dalam perjalanan, wisatawan melewati jembatan penyeberangan kecil dan porter di sebelah kiri. Dari jembatan penyeberangan, pengunjung harus berjalan kaki. Pantai Thomas termasuk salah satu kategori pantai terindah di Bali. Pengunjung hanya perlu menuruni undakan alam yang tentunya membutuhkan sedikit tenaga.

Jika lelah menuruni anak tangga yang terjal, akan terbayar setelah melewati tebing-tebing yang menutupi area pantai. Pasir putih berpadu dengan birunya air laut menjadi pemandangan pertama yang dilihat. Perhatikan lebih dekat bebatuan yang tersusun tidak beraturan namun dapat menambah daya tarik tersendiri.

Biaya masuk untuk wisata pantai

Tiket Wisata Pantai ThomasKredit foto: Google Maps Ian Elay

Pantai Thomas sama dengan kawasan pantai lainnya di Bali yang bebas biaya masuk. Namun wisatawan harus membayar biaya untuk menggunakan berbagai fasilitas pantai yang telah disediakan. Besarnya biaya yang dikeluarkan tergantung dari fasilitas yang hendak digunakan.

Biaya yang harus dikeluarkan saat berkunjung ke pantai tersembunyi ini sudah termasuk biaya parkir, Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Biaya ini untuk menjaga kendaraan yang berakhir aman di pantai sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat.

Bagi pengunjung yang ingin merasa nyaman sambil bersantai di pantai, Anda bisa memanfaatkan persewaan payung dan sunbed. Harga sewanya Rp 50.000 untuk sewa payung dan Rp 50.000 untuk sewa sunbed. Pengalaman berlibur di pantai pasti lebih menyenangkan.

Seluncur air mewah atau selancar? Tapi tidak membawa perlengkapannya? Tenang di pantai Juva di mana papan selancar bisa disewa. Biaya sewanya juga terjangkau, hanya Rp 50.000 untuk sewa 2 jam. Selain papan selancar, ada juga persewaan baju renang dan peralatan snorkeling.

Aktivitas seru di Pantai Thomas

Kegiatan wisata Pantai ThomasKredit foto: Google Maps Carla g

1. Nyaman berjemur di pantai

Berjemur di pantai sambil mendengarkan suara debur ombak adalah cara terbaik untuk berjemur dan menemukan ketenangan batin saat liburan. Kegiatan berjemur ini cocok bagi pengunjung yang tidak terlalu suka bermain air. Lengkapi cara relaksasi yang nyaman dengan meminum air kelapa muda yang segar.

2. Berenang

Nah, bagi pengunjung yang sangat senang bermain air, jangan berenang di pantai populer ini. Pantai Thomas aman digunakan untuk berenang namun Anda tetap harus waspada karena ketika air laut surut Anda akan melihat banyak karang. Bagi pengunjung yang tidak membawa baju renang ke pantai eksotis ini, juga bisa menyewa baju renang

3. Nikmati berselancar

Pantai Thomas adalah salah satu tempat terbaik untuk berselancar. Olahraga pantai yang ikonik ini menuntut pemainnya untuk bisa mengejar ombak yang menantang dan memacu adrenalin. Namun perlu dicatat bahwa selancar tidak ramah bagi pemula, stand up paddle boarding direkomendasikan untuk pemula.

4. Stand Up Paddle Boarding

Aktivitas menarik selanjutnya di pantai menawan ini adalah stand up paddle boarding, atau berdiri dan mendayung di atas papan. Olahraga ini cocok untuk orang yang menyukai kombinasi kesenangan dan kesehatan. Olahraga air ini dapat membakar kalori sekaligus meningkatkan kekuatan lengan dan tubuh Anda.

5. Tim Bola Voli Pantai

Pantai Thomas memiliki pasir putih yang luas, sehingga sayang jika tidak dimanfaatkan. Pengunjung bisa mencoba bermain voli bersama teman-teman. Tidak perlu banyak alat untuk olahraga ini, cukup bola voli dan jaring. Selain meningkatkan kesehatan, bermain bola voli bersama teman bisa membuat ikatan pertemanan semakin hangat.

6. Selfie atau foto selfie

Keunikan pantai dengan tebing menjadi ujungnya, memberikan poin foto yang semakin menarik untuk diabadikan. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini adalah pada pagi dan sore hari, saat matahari baru saja terbenam.

7. Snorkling

Pengunjung juga bisa snorkeling atau melihat keindahan alam bawah laut langsung dari pantai cantik ini. Jika pengunjung tidak membawa peralatan snorkeling, ada perusahaan persewaan yang menyediakannya. Tidak ada alasan untuk meragukan keindahan bawah laut pantai-pantai Bali, apalagi Pantai Thomas yang lokasinya masih tersembunyi.

8. Bermalam di dekat pantai

Liburan ke Bali belum lengkap tanpa mencoba bermalam di penginapan dekat pantai. Harga penginapan di kawasan Uluwatu bervariasi, bisa disesuaikan dengan budget pengunjung. Mulai dari homestay, hotel hingga villa dengan fasilitas lengkap juga tersedia.

Fasilitas area pantai tersedia

Sarana Wisata Pantai ThomasKredit foto: Google Maps Ian Elay

Ada berbagai fasilitas yang bisa pengunjung gunakan di pantai indah di Uluwatu ini. Fasilitas yang diberikan adalah fasilitas umum yang pemakaiannya tidak dikenakan biaya tambahan, dan fasilitas sewa.

Fasilitas umum berupa toilet yang dapat digunakan pengunjung untuk menyiram setelah bermain di pantai. Fasilitas parkir juga telah disediakan dengan kereta api roda dua dan roda empat yang sangat terjangkau. Fasilitas lainnya termasuk kursi berjemur dan payung, yang bisa disewa.

Di area pantai juga terdapat restoran atau rumah makan untuk memenuhi perut lapar para pengunjung. Harga makanan dan minuman sendiri merupakan harga standar di tempat wisata. Selain itu, berbagai jenis akomodasi juga ditawarkan yang biayanya dapat disesuaikan dengan anggaran.

Waktu terbaik untuk pergi adalah di pagi hari sebelum matahari terlalu terik dan kawasan wisata ramai, dan juga di sore hari untuk bisa menyaksikan matahari terbenam. Matahari terbenam di Thomas Beach akan memukau setiap orang yang melihatnya. Pantai ini dianggap sebagai surga tersembunyi di balik tebing yang indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button