Tempat Wisata

Pulau Bonetambu, pulau cantik di Makassar dengan spot snorkeling terbaik

Pulau Bonetambu di Makassar merupakan tempat wisata bahari tersembunyi dengan spot snorkeling terbaik yang menawarkan keindahan bawah laut yang mempesona.

Biaya tur: Dari 15.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Barrang Caddi, Kecamatan. Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan; Map: Periksa lokasinya

Pulau Bonetambu bisa dijadikan destinasi wisata utama di Sulawesi Selatan. Sesuai dengan namanya, pulau merupakan sebuah daratan yang dikelilingi oleh lautan.

Ukuran pulau ini tidak begitu besar, hanya dua kali luas lapangan sepak bola. Namun populasinya cukup padat dan memenuhi hampir setiap sudut pulau.

Pekerjaan penduduknya adalah nelayan sesuai dengan kondisi geografisnya. Lokasinya berada di kota Makassar, tak jauh dari kantor Wali Kota.

Tak sulit untuk mencapai pulau eksotik ini, meski harus menggunakan kapal atau perahu untuk mengakses wisata. Pulau ini memiliki segudang pesona sehingga banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

Banyak aktivitas di sini yang dijamin seru dan menarik. Sebut saja snorkeling atau scuba diving untuk mengamati biota laut.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Pantainya tenang sehingga cocok untuk berenang dan bermain air. Pilihan menyewa speedboat juga bisa dijadikan salah satu aktivitas menarik agar liburan Anda semakin berkesan.

Daya Tarik Pulau Bonetambu

Daya Tarik Pulau BonetambuFoto oleh Ryan Leonard di Google Maps

Ada beberapa tempat wisata yang bisa dijelajahi dalam tur ini. Pesona alamnya begitu indah, pantainya bersih dan airnya sangat jernih. Disekitarnya terdapat vegetasi hijau yang memberikan keteduhan. Namun bukan itu saja, masih banyak hal yang bisa ditemukan.

Pulau dengan pantai yang indah

Ada banyak sekali pantai di Indonesia, namun tidak semuanya cukup indah untuk dinikmati. Pulau yang sedang kita bicarakan ini diberkahi dengan keindahan pantai yang sungguh menakjubkan.

Pasirnya sangat bersih dan berwarna putih halus. Pengunjung bisa berjalan-jalan santai atau berjemur di setiap sudut pulau. Selain itu, pantai di Pulau Bonetambu Makassar ini memiliki air yang jernih dan berwarna kebiruan.

Sangat jelas sehingga terlihat tanah yang berupa batu. Sejauh mata memandang, yang terlihat hanyalah hamparan lautan luas. Kehadiran pohon kelapa dan jenis lainnya membuat pemandangan semakin indah.

Tempat snorkeling terbaik

Airnya yang jernih dan ombak yang jarang tinggi menjadikan pulau ini tempat snorkeling yang ideal. Terdapat berbagai biota laut yang memiliki ciri dan keunikan tersendiri.

Anda bisa melihat keunikan Acropora, sejenis terumbu karang. Cantik sekali, warnanya coklat bercabang dan ujungnya putih bergelombang.

Kawasan wisata Pulau Bonetambu juga memiliki keanekaragaman hayati laut tipe Porites. Termasuk juga terumbu karang yang indah, meski berukuran besar dan hampir seperti bebatuan.

Spesies laut antara lain bulu babi, bintang laut, ubur-ubur dan beberapa ikan kecil. Sebenarnya tidak mengherankan, sebab pulau ini masih menjadi bagian dari Segitiga Terumbu Karang.

Tersedia wahana air lengkap

Pulau eksotik di Makasar ini tidak hanya dikunjungi wisatawan lokal saja, namun juga wisatawan mancanegara. Selain pesona alamnya yang menakjubkan, fasilitasnya juga lengkap.

Beberapa fasilitas yang dimaksud digunakan untuk melakukan aktivitas seru. Misalnya saja ada speedboat atau speedboat yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling pantai.

Pantai di Pulau Bonetambu Makassar ini sangat indah, Anda bisa berkeliling menggunakan perahu ini dengan maksimal 2 penumpang.

Wisatawan dibekali perlengkapan keselamatan berupa jaket pelampung. Bagi yang kurang berpengalaman atau baru pertama kali mencoba, ada panduannya untuk menemani Anda. Selain speedboat, terdapat pula persewaan perahu yang digunakan untuk memancing di tempat-tempat khusus.

Fenomena unik Bonebatang

Tak jauh dari pulau terdapat beting atau perairan dangkal. Penduduk setempat menyebutnya Bonebatang. Cukup unik karena datarannya baru terlihat saat air surut.

Sebaliknya, beting ini terendam air sehingga tidak terlihat sama sekali. Tanah yang dimaksud adalah pasir yang tekstur dan warnanya mirip dengan pantai.

Fenomena unik di Pulau Bonetambu juga terjadi di beberapa wilayah lainnya. Sebut saja Lampung, Sulawesi Utara, Maluku, Bangka Belitung dan lain-lain.

Namun masing-masing mempunyai ciri dan keunikan tersendiri. Meskipun fenomena ini umumnya terjadi di pinggir pulau, namun kali ini letaknya agak di tengah sehingga terkesan unik.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau BonetambuFoto oleh Ryan Leonard di Google Maps

Pulau merupakan suatu daratan yang dikelilingi oleh lautan, dengan segala keindahannya tentunya. Untuk mencapai tempat tersebut, alat transportasi yang dapat digunakan hanyalah kapal laut atau perahu.

Jika Anda juga berniat mengunjungi pulau cantik di Makasar ini, akses satu-satunya yang bisa Anda gunakan hanyalah kendaraan laut.

Kawasan wisata Pulau Bonetambu terletak di Barrang Caddi, Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jarak dari pusat kota sekitar 23 kilometer, Anda bisa berkendara menuju pelabuhan terdekat untuk melintasinya.

Misalnya pelabuhan Paotere yang memakan waktu sekitar 2 jam tergantung cuaca.

Pulau Bonetambu di Makassar terbuka untuk umum 24 jam sehari. Tiket masuknya gratis, hanya dikenakan biaya penyeberangan saja.

Harga bervariasi antara 15.000 hingga 20.000 rupiah untuk sekali perjalanan. Jika anda ingin menyewa perahu dengan segala pelayanan dan fasilitasnya, biayanya sekitar 600.000 – 1.000.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau BonetambuFoto oleh Ryan Leonard di Google Maps

Aktivitas menarik di wisata bahari sangat beragam, banyak hal yang bisa dilakukan. Tak heran jika wisatawan yang datang merasa betah dan tidak ingin pulang. Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan!

1. Bersenang-senang bermain di pantai

Pulau Bonetambu di Makassar memiliki pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang luas. Cukup aman karena jarang terjadi gelombang tinggi. Kondisi ini sangat memungkinkan untuk bermain di pantai.

Misalnya saja berenang, bermain air, berjalan-jalan di tepi pantai atau sekedar duduk santai menikmati segala pesonanya.

2. Snorkeling mengamati biota laut Pulau Bonetambu

Karena airnya yang sangat jernih dan berwarna kebiruan, wisata Pulau Bonetambu menjadi salah satu tempat terbaik untuk snorkeling. Seperti yang sudah disebutkan, pulau ini bahkan termasuk dalam Segitiga Terumbu Karang.

Di sini Anda bisa menemukan berbagai biota laut yang indah dan unik. Sebagian besar terdiri dari karang dan ikan-ikan kecil yang berenang di sekitarnya.

3. Memancing di tempat terbaik

Aktivitas menarik selanjutnya adalah memancing. Di sini Anda dapat menangkap berbagai jenis ikan. Dari ikan kecil hingga ikan besar semuanya ada.

Namun tentunya tidak di sembarang tempat, karena ada tempat khusus untuk olahraga santai ini. Anda bisa menyewa perahu untuk menuju lokasi yang diinginkan, yakni tidak jauh dari bibir pantai.

4. Saksikan matahari terbenam

Anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbenam atau terbenamnya matahari selama berada di Pulau Bonetambu. Cantik sekali, dengan warna oranye terang yang khas.

Awan putih dan langit biru membuat pemandangan semakin indah. Ketakjuban dijamin, apalagi tidak ada rintangan selain garis cakrawala.

5. Carilah spot foto keindahan alam

Aktivitas lain yang tidak boleh Anda lewatkan di Pulau Bonetambu adalah mencari spot foto. Kegiatan ini bahkan wajib dilakukan karena banyak hal indah yang bisa dinikmati.

Tempatnya bermacam-macam, terutama yang berhubungan dengan alam. Anda bisa mengabadikan momen saat matahari terbenam. Snorkeling pun tak kalah indahnya, dengan berbagai biota laut yang bisa dijadikan objek.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pulau BonetambuFoto oleh Ramm Ramm di Facebook

Fasilitas di Pulau Bonetambu cukup lengkap dan memadai. Dermaga tempat bersandarnya perahu tersebar di beberapa tempat.

Penyewaan perahu, speedboat, dan peralatan memancing juga tersedia di sini. Wisatawan yang lapar silakan menuju warung yang menyediakan berbagai macam makanan terutama olahan ikan laut yang dijamin nikmatnya.

Keindahan alam Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi bahkan sudah diakui oleh wisatawan dari berbagai negara. Apalagi pantainya, masing-masing punya daya tarik tersendiri.

Meski Pulau Bonetambu bukan salah satu daya tarik utama, namun memiliki pantai yang indah. Ada banyak wisata alam yang bisa dinikmati.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button