Tempat Wisata

Pulau Kampai Langkat – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi Tour dan Biaya

Biaya tur: Mulai Rp 5.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Kampai, Kec. Pangkalan Susu, Kabin Langkat, Sumatera Utara; map: pemeriksaan situs

Liburan selalu menjadi kegiatan yang digemari untuk melepas penat setelah beraktivitas yang melelahkan. Berbagai destinasi wisata yang unik dan menarik tentunya banyak ditawarkan untuk menemani waktu liburan Anda. Salah satu destinasi menarik yang wajib Anda coba saat liburan adalah liburan di Pulau Kampai Langkat.

Ternyata pulau kecil di Kabupaten Langkat Sumatera Utara ini memiliki banyak tempat wisata yang jarang diketahui wisatawan. Akses jalan menuju lokasi yang agak sulit menjadi salah satu alasan mengapa pulau cantik ini belum begitu dikenal wisatawan.

Jika digali lebih dalam, Pulau Kampai menyimpan banyak potensi kekayaan. Berbagai elemen seperti keragaman adat, budaya, sejarah dan agama membentuk sebuah kolaborasi yang menciptakan nilai luhur yang melekat di pulau kecil ini dan menjadi daya tarik tersendiri.

Daya tarik pulau Kampai

Atraksi di pulau KampaiKredit foto: Google Maps Imam Ananta

1. Keindahan Pantai Berawe

Struktur wilayahnya yang berada di sepanjang pantai Selat Malaka membuat pulau cantik ini terkenal akan keindahan wisata baharinya. Pantai yang cukup terkenal di Pulau Kampai adalah Pantai Berawe.

Hamparan pasir putih yang bersih di sepanjang pantai menjadi ciri khas pantai eksotis ini. Birunya Selat Malaka berpadu dengan putihnya pasir pantai serta hijaunya nyiur dan rindangnya pepohonan di tepiannya menciptakan panorama alam yang mempesona.

2. Makam Suci Panjang

Sebagai pulau yang pernah menjadi pusat perdagangan Sumatera Utara, pulau sejuk ini dikaruniai berbagai peninggalan purbakala. Salah satu peninggalan sekaligus bukti kejayaan perdagangan di sini adalah Makam Suci Panjang.

Disebut Makam Suci Panjang karena ukuran makam ini mencapai 8 meter. Bukti sejarah menunjukkan bahwa makam ini adalah makam seorang pedagang dan ulama dari Pakistan yang berdagang dengan pulau kecil ini.

Ukurannya yang panjang tentu menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri bagi makam ini. Selain itu, kepercayaan yang berkembang di masyarakat sejak zaman dahulu bahwa makam tersebut dianggap sebagai tempat keramat juga membuat makam ini menarik untuk dikunjungi.

3. Makam Penyambutan (Merah Mas)

Selain Makam Panjang Keramat, pulau legendaris ini juga memiliki destinasi wisata religi lainnya yaitu Pemakaman Salam. Cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi tentang Pemakaman Salam dapat menarik perhatian wisatawan untuk mengetahui lebih jelas bagaimana cerita itu terjadi.

Kuburan Salam atau yang juga dikenal dengan nama Mas Merah sebenarnya adalah dua kuburan laki-laki dan perempuan yang tinggal di pulau cantik ini. Konon kisah keduanya merupakan cikal bakal terjadinya Pulau Kampai. Cerita yang diturunkan dari generasi ke generasi di masyarakat membuat penjelajahan pulau keren ini semakin menarik.

4. Hutan bakau

Atraksi memiliki pulau KampaiKredit foto: Google Maps Darma Sinukaban

Sebagai daerah yang berada di kawasan pesisir, pulau kecil ini tentunya tidak terlepas dari resiko abrasi. Untuk mencegah bahaya tersebut, pohon bakau ditanam di daerah pesisir.

Di sisi lain, besarnya peluang pengembangan wisata di pulau indah ini mendorong pengelola untuk memanfaatkan hutan mangrove sebagai destinasi wisata baru. Hutan mangrove ini tidak hanya menjadi tempat berlibur, tetapi juga dijadikan sebagai kawasan wisata edukasi dan kebutuhan penelitian.

5. Produk Terasi Legendaris

Pulau Terasi ini terkenal tidak hanya karena kekayaan sejarah dan budayanya, tetapi juga sebagai daerah penghasil Terasi atau Belacan terbaik di Sumatera Utara. Terasi merupakan produk olahan dari industri lokal di pulau kecil ini.

Pulau Kampai juga merupakan penghasil terasi terbesar dari hasil produksi para pengusaha terasi Cina yang pernah tinggal di sini. Sayangnya, setelah kepergiannya, industri terasi tidak dilanjutkan oleh istri dan keturunannya.

Kini hanya ada industri rumahan kecil yang memproduksi terasi khas pulau mempesona ini. Namun Anda tidak perlu khawatir, rasa dan kualitasnya masih sama dengan sebelumnya. Terasi pulau kecil ini selalu menjadi incaran wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas pulau fenomenal ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau Kampai LangkatKredit foto: Instagram Rahmat Ramadhan Ritonga

Pulau yang sarat nilai luhur ini terletak di Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Jarak Pulau Terasi dengan kota Medan adalah 84,9 km atau setara dengan 4 jam perjalanan dari kota Medan menuju objek wisata.

Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk menuju Pulau Kampai. Yang pertama melalui jalur TPI yang dimulai dari Desa Beras Basah di Kecamatan Pangkalan Susu dan dilintasi dengan perahu motor untuk menuju objek wisata tersebut.

Sedangkan jalur kedua melewati Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh, melewati perkebunan dan pemukiman penduduk untuk mencapai Dusun Damar Ratus. Setelah itu, pengunjung harus menyeberang ke lokasi dengan perahu motor kayu.

Sayangnya, tidak semua jalur tersebut dapat dilalui dengan kendaraan roda 4, jalur TPI merupakan jalur yang hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda 2 dengan bantuan kapal motor. Sedangkan pengunjung yang menggunakan kendaraan roda 4 harus memilih jalur Kabupaten Aceh Tamiang dan menyeberang ke objek wisata dengan bantuan perahu kayu bermesin.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Estimasi biaya perjalanan ke Pulau Kampai LangkatKredit foto: Google Maps Imam Ananta

Jika anda sedang merencanakan liburan ke Pulau Kampai Langkat, anda tidak perlu khawatir dengan biayanya, karena tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk bisa sampai ke pulau terasi ini. Cukup dengan membayar biaya penyeberangan akomodasi, kemudian Anda akan diantar hingga tiba di tempat tujuan wisata.

Jika wisatawan berlibur tanpa kendaraan, biaya penyeberangan perahu sekitar Rp 5.000 hingga 10.000 per orang. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan, biaya penyeberangan sebesar Rp30.000 untuk sepeda motor dan Rp60.000 untuk mobil.

Aktivitas seru di Pulau Kampai

Kegiatan di Pulau KampaiKredit foto: Instagram Around Medan Adventure

1. Bersantai di Pantai Berawe

Pantai Berawe memiliki pemandangan yang bisa memukau siapa saja yang melihatnya. Pengunjung akan disambut panorama alam yang asri berdampingan terbingkai indah.

Suara deburan ombak yang menghempas bibir pantai ditambah dengan sejuknya angin akan menambah nuansa damai liburan Anda. Duduk dan bersantai di atas pasir putih halus dan di bawah rindangnya pepohonan pasti akan membuat betah semua orang di sini.

2. Ziarah ke Makam Suci Panjang

Pulau terasi ini tidak hanya menawarkan pesona alamnya, tetapi juga wisata religi yang bisa menjadi referensi aktivitas menarik saat berkunjung ke sini. Anda bisa mengunjungi salah satu makam unik bernama Makam Panjang Keramat. Keunikan bentuk dan sejarahnya akan menambah wawasan Anda tentang sejarah pulau fenomenal ini.

3. Ziarah ke Makam Salam (Mas Merah)

Pengunjung tidak hanya bisa berziarah ke Makam Suci Panjang, tetapi juga bisa berziarah ke Makam Salam (Mas Merah). Makam yang terkenal sebagai pendahulu Pulau Kampai dengan kisah cinta akan memperkaya pengetahuan Anda selama berlibur di pulau cantik ini.

4. Menjelajahi hutan mangrove

Kegiatan di Pulau KampaiKredit foto: Instagram Ira Saragih

Salah satu destinasi baru yang bisa Anda kunjungi di pulau cantik ini adalah wisata hutan bakau. Hutan mangrove ini tidak hanya menjadi cagar alam tetapi juga terbuka untuk wisata edukasi.

Panorama alam hutan bakau yang unik ini siap memanjakan mata Anda sejauh mata memandang. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kajian mendalam tentang hutan mangrove di sini selama liburan.

5. Menikmati Makanan Laut Pulau Kampai

Tidak hanya terasi yang terkenal, makanan khas wisata bahari seperti sea food juga menjadi daya tarik wisata. Di sekitar kawasan wisata terdapat berbagai menu sea food yang sangat enak dan menggoda.

Ragam olahan hidangan laut khas pulau terasi ini akan membuat lidah Anda bergoyang. Menyantap hidangan sea food sambil menikmati keindahan Pulau Kampai akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di Pulau Kampai LangkatKredit Foto: Google Maps ARYOGI MAHENDRA

Pulau Kampai memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas umum seperti toilet atau kamar mandi tersedia dan cukup memadai. Bagi Anda yang beragama Islam, jangan khawatir karena di kawasan wisata keren ini sudah banyak tersedia mushola.

Beberapa restoran pun siap menggoda lidah Anda dengan menu andalannya. Selain itu, fasilitas sepeda juga disediakan bagi pengunjung yang ingin berjalan-jalan di sekitar kawasan wisata indah ini.

Untuk itu, tersedia pilihan akomodasi di pulau eksotis ini berupa perahu motor dan perahu kayu. Bagi pengunjung yang ingin bermalam di pulau cantik ini tidak perlu bingung, sudah banyak penginapan di sekitar kawasan wisata dengan harga dan tipe yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

Keindahan alam dan pesona budaya Pulau Kampai di Kabupaten Langkat memang selalu berhasil menarik perhatian wisatawan. Nilai luhur dan kepercayaan masyarakat yang tinggi juga menambah keunikan dan daya tarik pulau indah ini. Tak heran jika pulau fenomenal ini selalu menjadi tujuan wisata yang populer.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button