Tempat Wisata

Pulau Kupang Tikus – Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Tempat dan Biaya Tour

Biaya tur: Mulai dari Rp85.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Desa Sulamu, Kec. Sulamu, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur; map: Cek lokasi

Pulau Tikus merupakan pulau kecil di gugusan besar Provinsi Nusa Tenggara Timur yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di berbagai platform online. Dengan ukuran yang kecil dan hanya dihuni oleh beberapa penduduk saja, suasana di pulau ini tetap asri.

Pasalnya, spesies endemik yang menghuni pulau ini terbiasa hidup berdampingan saling bersimbiosis timbal balik. Hal ini dapat memastikan bahwa ekosistem kehidupan saling terpelihara dengan baik.

Karena itu, kawasan Pulau Tikus bisa menjadi destinasi rekreasi selanjutnya saat penat melanda. Pemandangan pantai berpasir putih dan air laut yang jernih bisa menjadi keindahan tersendiri. Belum lagi bebatuan yang menambah indah pemandangan, deburan ombak yang menerjang pantai dan menimbulkan suara merdu nan merdu.

Atraksi Pulau Tikus

Atraksi Pulau TikusKredit foto: Facebook Meilsi Mansula

1. Padang sabana yang luas

Berada di sepanjang garis khatulistiwa, membuat Pulau Tikus di Sulamu dipenuhi alang-alang yang tumbuh liar dan memberikan nuansa asri pada pulau ini. Karena wisatawan disuguhi pemandangan rerumputan yang luas mengisi ruang dan membiarkan angin pantai yang hangat berhembus bebas bolak-balik.

Tanaman rambat juga membuat pulau ini terlihat dari kejauhan tanpa terhalang vegetasi lain. Selain itu, gugusan alang-alang pasti bisa menjadi spot foto yang bagus bagi wisatawan untuk berswafoto atau foto bersama teman dan orang tersayang.

Saat malam tiba, sabana yang kering dapat menampilkan gambar-gambar indah berupa warna emas yang diselimuti pemandangan alam lainnya seperti awan dan juga matahari sore yang kembali mentari. Tentunya dengan diiringi suara hewan nokturnal, keberadaan sabana di pulau ini dapat memberikan kesan yang lebih estetis bagi pengunjung.

2. Senja yang Menenangkan

Bagi pengunjung yang menyukai sunset, Pulau Tikus bisa menjadi destinasi wisata untuk sekedar menikmati keindahan alam pulau ini. Karena senja selalu menjadi alasan setiap orang menikmati kesendirian, dan pulau ini bisa memberikan jawaban itu.

Sambil membawa kopi atau makanan ringan, pengunjung bisa menghabiskan sore hari di pulau ini tanpa harus khawatir dengan keadaan sekitar. Karena letaknya yang strategis dan ukuran pulau yang tidak terlalu besar, pulau ini cocok untuk bersantai dengan secangkir kopi dan makanan ringan.

Sekali lagi, deburan ombak akan membawa angin malam memenuhi pulau dengan hawa dingin. Oleh karena itu, sebaiknya pengunjung juga bersedia membawa pakaian hangat seperti jaket atau mantel, agar tidak terkena angin malam yang akan datang.

3. Pantai yang indah

Daya tarik Pulau TikusKredit foto: Edyraguapo.blogspot.com

Keunikan lain di pulau Tikus adalah pantainya yang luas dimana pengunjung dapat menikmati berbagai tempat. Pengunjung bisa menikmati semua gugusan pantai di pulau ini tanpa harus pusing memikirkan bagian mana yang lebih bagus dari yang lain. Karena seluruh bagian pulau ini jelas indah dan nyaman untuk ditinggali.

Pulau ini dikelilingi pasir putih bersih dengan ketenangan yang mampu memikat siapapun untuk segera menikmatinya. Hal ini membuat pulau ini menjadi tempat yang baik bagi pengunjung untuk menikmati keindahan pasir putih dan pemandangan pantai yang indah.

4. Berenang gratis

Pulau ini juga menawarkan wisata menyelam bagi pengunjung yang memiliki hobi berenang atau scuba diving. Tumbuhan karang yang ada di pulau ini sangat beragam sehingga ikan yang hidup di sana merasa betah. Hal ini pula yang membuat spesies biota laut yang hidup di sekitar pulau semakin beragam dan memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Pengunjung dapat membawa perlengkapan selam pribadi atau menyewa perlengkapan selam dari penduduk yang tinggal di seberang pulau, kemudian pengunjung dapat langsung menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Tikus.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pulau TikusKredit foto: Edyraguapo.blogspot.com

Untuk menuju ke sini, pengunjung harus terlebih dahulu menuju desa tetangga yaitu Desa Sulamu dengan menggunakan jalur darat seperti bus umum atau jalur air dengan perahu penumpang yang disediakan oleh penduduk setempat.

Desa terdekat yang bisa dijangkau pengunjung dari Desa Sulamu berjarak sekitar 85 kilometer. Cara yang biasa digunakan wisatawan untuk mengunjungi desa ini adalah dengan menggunakan kendaraan laut dan perjalanan memakan waktu sekitar dua setengah jam.

Baru setelah sampai di desa Sulamu pengunjung diinstruksikan untuk menaiki kapal angkutan umum yang akan mengantar pengunjung ke pulau tersebut. Pengunjung dapat mencapai Pulau Tikus Sulamu Kupang setelah menyeberangi lautan selama 10 menit, kemudian pengunjung dapat mencapai pulau yang sangat indah ini.

Akses utama kendaraan di pulau ini hanya satu kapal, sehingga diharapkan pengunjung selalu mengingat jadwal kedatangan dan keberangkatan kapal agar pengunjung tidak tertinggal di pulau dan tidak bisa pulang hingga keesokan harinya.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Biaya perjalanan ke Pulau TikusKredit foto: Google Maps Alfred Abraham

Tidak ada biaya yang harus dikeluarkan pengunjung untuk menikmati keindahan Pulau Tikus. Biaya yang harus dibayar oleh pengunjung adalah biaya akomodasi dalam perjalanan laut pada saat pengunjung ingin mengunjungi pulau tersebut atau setelah pengunjung kembali dari pulau tersebut.

Rata-rata harga yang ditawarkan pemilik perahu kepada pengunjung sekitar Rp 85.000,00 per trip. Pengunjung bisa mendapatkan harga yang lebih murah jika pengunjung bisa memberikan penawaran menarik kepada pemilik kapal.

Aktivitas seru di Pulau Tikus

Aktivitas di Pulau Tikus KupangSumber gambar: Google Maps Yenny Ippi

1. Berenang di laut

Dengan hamparan pantai yang begitu indah, berenang bisa menjadi salah satu aktivitas yang bisa dinikmati pengunjung saat berkunjung ke Pulau Tikus Sulamu. Air laut yang jernih dan ombak yang tidak begitu tinggi membuat pengunjung semakin betah berlama-lama di laut sekitar pulau.

2. Nikmati sinar matahari

Karena pulau ini berada di garis khatulistiwa, sinar mataharinya lebih hangat dibanding daerah lain. Hal ini bisa menjadi keuntungan tersendiri, karena pengunjung bisa berjemur lebih lama di pulau ini dibandingkan di pulau lain yang tidak dilintasi garis khatulistiwa.

3. Bangun rumah pasir

Aktivitas seru di Pulau Kupang TikusSumber gambar: Google Maps Yenny Ippi

Bagi pengunjung yang merindukan masa kecilnya saat bebas membangun istana pasir, kenangan itu bisa dihidupkan kembali saat pengunjung datang ke pulau hits ini. Bagaimana tidak, dengan adanya pasir putih tersebut, sudah pasti membangun istana pasir akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan.

4. Memancing

Jika pengunjung memiliki hobi memancing, pulau ini mungkin menjadi tempat yang tepat bagi pengunjung. Tentu saja, dengan beragam biota laut, memancing bisa menjadi lebih menantang.

5. Bermain layang-layang

Kegiatan ini cocok dilakukan pada sore hari saat matahari tidak terlalu terik dan angin sudah reda. Pengunjung dapat menerbangkan layang-layang sesuka hati sambil berjalan-jalan menjaga layang-layang sejajar dengan titik mata angin.

Penginapan murah dekat pulau

Akomodasi murah di dekat Pulau TikusKredit foto: Google Maps nopry uttha

1. Resor Krisan

Dengan berbagai macam kamar dan fasilitas seperti kolam renang, kamar mandi pribadi dan air hangat, resort ini bisa menjadi pilihan bagi pengunjung untuk menikmati hari. Harga yang relatif murah memastikan pengunjung betah berlama-lama.

2. Hotel Wilma

Panorama khas pantai dengan atap rumbia inilah yang membuat hotel ini begitu menarik untuk dikunjungi. Pengunjung dapat memesan secara online atau offline, memberi pengunjung lebih banyak kebebasan untuk memilih.

3. Kamar Clarichie

Penginapan di dekat Pulau Tikus Kupang ini berhasil menjadi primadona di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara dengan fasilitas yang ditawarkan penginapan serta stafnya yang ramah dan profesional.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas di sekitar Pulau TikusKredit foto: Edyraguapo.blogspot.com

Sebagai tempat wisata yang masih belum banyak diketahui pengunjung, pemerintah daerah telah membangun banyak fasilitas untuk mendukung sektor pariwisata agar lebih banyak wisatawan yang mau singgah di Pulau Tikus.

Salah satunya adalah penyediaan mercusuar di pinggir pantai untuk memantau pergerakan kapal yang melintas, serta aktivitas wisata di sekitar pulau.

Selain itu, pemerintah juga telah membangun toilet umum yang dapat digunakan pengunjung untuk buang air besar atau kecil.

Keistimewaan lain yang tak kalah keren adalah tersedianya beberapa bangunan umum yang bisa digunakan pengunjung sebagai tempat tinggal sementara saat berkunjung ke pulau ini.

Itulah beberapa keunggulan yang ditawarkan Pulau Tikus untuk menyambut wisatawan dari segi keindahan, infrastruktur, dan fasilitas umum. Keindahan pulau ini tentunya semakin indah jika pengunjung datang bersama teman, keluarga atau orang tersayang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button