Tempat Wisata

Pulau Tunda di Banten: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Bingung mencari destinasi wisata di Banten? Pulau Tunda bisa menjadi pilihan destinasi wisata Anda selanjutnya. Pulau di Teluk Banten ini menawarkan wisatawan suasana yang indah.

Di pulau ini Anda bisa menikmati air laut berwarna biru jernih berpadu dengan terumbu karang yang indah. Bahkan jika beruntung Anda bisa melihat lumba-lumba berenang di laut sekitar pulau ini.

Lokasi Pulau Tunda

Pulau TundaPulau Tunda Sumber : instagram.com/Pulautundapunyacerita/

Pulau ini merupakan salah satu dari 17 pulau di Teluk Banten. Pulau ini termasuk dalam wilayah administratif Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten.

Pulau ini dulu bernama Pulau Babi. Namun, karena pulau ini menjadi tempat transit kapal, penduduk setempat mengganti namanya menjadi Tunda, yang berasal dari istilah “penundaan”.

Biaya masuk ke Pulau Tunda

Karena pulau ini masih alami dan belum dikomersialkan sebagai tujuan wisata, masuk ke pulau ini gratis. Yang harus Anda lakukan adalah menyewa perahu untuk pergi dari Serang ke Pulau Tunda.

Harga tiket boat trip ini cukup terjangkau, sekitar Rp 50.000 per orang. Namun jika Anda datang dengan rombongan, Anda juga bisa menyewa perahu nelayan dengan harga Rp 1,5-2 juta per perahu.

Jam operasional Pulau Tunda

Pulau ini terbuka untuk turis 24 jam sehari. Namun, sebaiknya Anda datang di pagi hari agar bisa menjelajahi setiap tempat di pulau tunda ini secara maksimal.

Peta lokasi Pulau Tunda

Tips mengunjungi Pulau Tunda

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Pulau Tunda semakin menyenangkan dan berharga. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Tunda adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Pulau Tunda bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Pulau Tunda.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima selama berlibur di Pulau Tunda.

Fasilitas di Pulau Tunda

Meski tidak memiliki fasilitas wisata yang lengkap seperti Kepulauan Seribu, pulau ini tetap layak untuk dikunjungi. Sudah banyak homestay yang disewakan oleh penduduk setempat di Pulau Tunda.

Selain itu, tidak perlu khawatir saat mencari sembako karena banyak warung makan dengan harga terjangkau. Warung ini biasanya menjual makanan dengan harga Rp 25.000 per porsi.

Ada juga beberapa toilet yang layak di pulau ini. Pengelola homestay juga menyediakan peralatan snorkeling. Jadi Anda tidak perlu membawa peralatan snorkeling sendiri dari rumah.

Tempat wisata menarik di Pulau Tunda

Foto dari Pulau TundaFoto dari Pulau Tunda Sumber: instagram.com/explore_serang/

Pulau ini masih asri dan jarang dikunjungi wisatawan. Ini adalah manfaat utama karena memungkinkan Anda untuk menikmati pulau ini dengan cara yang lebih pribadi. Berikut beberapa hal menarik yang bisa Anda temukan di Pulau Tunda.

1. Tempat Snorkeling

Tujuan utama wisatawan datang ke pulau ini adalah snorkeling. Hal ini dikarenakan pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang menakjubkan.

Bagi wisatawan yang belum pernah snorkeling sebelumnya, penduduk setempat bersedia mengajari mereka cara snorkeling yang aman.

2. Lihat lumba-lumba

Anda juga bisa melihat kawanan lumba-lumba di perairan sekitar Pulau Tunda. Biasanya pod lumba-lumba ini muncul saat matahari terbit.

Jadi Anda bisa melihat keindahan matahari terbit dan lumba-lumba berenang. Jangan lupa untuk mengabadikan momen langka ini.

3. Taman Bacaan

Taman baca ini sebenarnya dibuat untuk anak-anak di desa. Taman baca ini dimaksudkan agar anak-anak di pulau ini tidak kekurangan informasi dan edukasi.

Ketika Anda mengunjungi pulau ini Anda juga dapat menyumbangkan beberapa buku untuk anak-anak.

4. Memancing

Jika Anda tidak menyukai aktivitas snorkeling, Anda bisa menghabiskan waktu dengan memancing. Tempat memancing terbaik adalah karang di dekat pulau ini.

Setelah memancing, Anda bisa langsung memanggang ikan.

Hotel dan akomodasi di Pulau Tunda

Tidak ada hotel atau villa di pulau ini. Namun, jika ingin menginap, Anda bisa menginap di homestay milik penduduk setempat.

Peralatan keluarga angkat juga masih terbatas. Anda tidak akan menemukan AC. Ini karena listrik sering padam di pulau ini.

Biaya sewa homestay di pulau ini berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 500.000.

Itinerary ke Pulau Tunda

Untuk mengunjungi pulau ini Anda bisa memilih rute dari jalan tol Kebon Jeruk di Merak. Setelah keluar dari Pintu Tol Serang Timur, Anda bisa langsung menuju ke Dermaga Karang Hantu.

Anda bisa menyewa perahu nelayan dari dermaga ini. Waktu tempuh untuk mencapai pulau dengan perahu sekitar 2 jam. Pilihan lainnya adalah penundaan KMP, sehingga perjalanan bisa lebih cepat.

Hanya ada satu jadwal keberangkatan kapal dari Dermaga Karang Hantu, yaitu pukul 13.00.

Keindahan alam Pulau Tunda

Keindahan Pulau TundaPulau Tunda Sumber : instagram.com/saefullah_14/

Pesona Pulau Tunda terletak pada pantainya yang indah dengan air laut yang jernih. Tak heran jika pulau ini terkenal dengan spot snorkelingnya. Snorkeling memungkinkan Anda untuk mengamati keunikan biota laut seperti ikan Nemo yang berenang di antara terumbu karang.

Terdapat tiga spot snorkeling di sisi barat pulau yaitu Cemara, Villa dan Mercusuar. Selain snorkeling, Anda juga bisa menyelam di perairan ini.

Pulau ini juga menyuguhkan pemandangan sunrise dan sunset yang keren. Anda dapat bersantai di dermaga dan menikmati matahari terbenam. Dermaga ini disebut Dermaga Galau.

Bersantai di dermaga ini akan membantu Anda menghilangkan segala penat. Karena panorama laut dengan deburan ombaknya akan memanjakan mata wisatawan.

Daya tarik lain dari pulau ini adalah pemandangan saat sekumpulan lumba-lumba muncul. Momen ini jarang ditemukan di pulau lain.

Di pulau ini juga terdapat hutan bakau dengan luas sekitar 3 hektar. Ada 4 jenis mangrove di pulau ini. Hal ini dapat menjadi daya tarik wisata edukasi.

Gambar dan foto pulau Tunda di Banten

Selamat datang di Pulau Tunda
Pulau Tunda di BantenSnorkeling di Pulau TundaSpot Snorkeling Terbaik di Pulau TundaKeindahan Pulau TundaSenja di Pulau Tunda

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button