Tempat Wisata

Pulau Untung Jawa, pulau eksotik dengan keindahan terumbu karang di Kepulauan Seribu

Biaya tur: Dari Rp 25.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu Jakarta yang sangat populer yang menawarkan banyak daya tarik terutama keindahan alam yang masih asri dan eksotis.

Kepulauan Seribu merupakan sebuah kawasan di ibu kota Jakarta yang menyimpan segudang keindahan alam. Ratusan wisatawan rutin mengunjungi tempat ini hampir setiap hari karena tempat wisatanya yang masih asri. Salah satu destinasi wisata yang paling populer di Kepulauan Seribu adalah Pulau Untung Jawa.

Tempat wisata terkenal di Kepulauan Seribu ini tidak hanya menampilkan keindahan alamnya yang masih asri, tetapi juga memiliki berbagai wahana untuk tempat rekreasi pengunjung. Belum lagi kelezatan seafoodnya yang luar biasa menggugah selera dan membuat pulau wisata ini sayang untuk dilewatkan.

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Pulau Untung Jawa seperti; B. menikmati gugusan pantai berpasir putih yang indah, scuba diving atau menikmati kuliner segar hasil tangkapan langsung dari para nelayan.

Daya tarik yang dimiliki Pulau Untung Jawa

Daya Tarik Pulau Untung JawaKredit foto: Google Maps Rama Wiana

Tak heran jika Pulau Untung Jawa yang termasuk salah satu pulau di gugusan Kepulauan Seribu ini memiliki banyak daya tarik, terutama keindahan alamnya yang masih asri dan eksotis. Berikut daya tarik utama dari pulau wisata yang satu ini.

1. Keindahan alam pantai

Pulau cantik ini menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menjauh dari hiruk pikuk ibu kota. Pasalnya, pulau kecil yang cantik ini masih terlihat sangat bagus dan tidak tercemar sampah seperti pantai-pantai di kota-kota besar.

Lautnya berwarna biru kehijauan dengan air yang sangat jernih sehingga dasar airnya bisa terlihat dengan jelas. Ombak lautnya juga sangat tenang, sehingga anak-anak bisa bermain air dengan aman.

2. Keindahan terumbu karang

Daya tarik unik Pulau Untung Jawa berikutnya adalah keindahan terumbu karang atau wisata bawah lautnya. Terdapat fasilitas snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan wisata bawah laut.

3. Platform luar negeri

Salah satu daya tarik utama dan ikon Pulau Untung Jawa adalah adanya anjungan berbentuk hati di atas laut. Anjungan buatan dari kayu ini dibangun langsung di atas laut. Difoto dari atas dengan drone, bentuknya seperti hati.

Banyak wisatawan yang datang ke pulau ini pasti tidak akan melewatkan sesi foto di pendopo. Belum lagi pemandangan sunset sore hari yang sangat bagus untuk dinikmati dari atas anjungan sehingga sayang untuk dilewatkan.

4. Wisata kuliner bahari

Daya tarik yang tak kalah menarik bagi para penikmat kuliner adalah wisata kuliner bahari yang variatif. Ada berbagai hidangan seafood segar yang bisa dinikmati pengunjung di pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat pulau Untung JawaSumber gambar: Google Maps Alif Sidiq

Pulau Untung Jawa berada di gugusan Kepulauan Seribu, sehingga satu-satunya cara yang tersedia untuk mencapai tempat tersebut adalah melalui jalur laut. Ada beberapa dermaga di sekitar Jakarta dan Tangerang yang menawarkan rute menuju pulau wisata yang satu ini.

Pilihan termurah dan tercepat adalah menggunakan perahu dari Dermaga Tanjung Pasir Tangerang. Waktu tempuh menuju pulau ini hanya sekitar 30 hingga 45 menit. Pilihan perahu yang tersedia adalah perahu dengan harga Rp 250.000 per perahu atau perahu nelayan dengan harga Rp 25.000 per orang.

Pilihan lain yang tersedia dan mudah dijangkau dengan kendaraan umum adalah melalui Dermaga Kali Adem, Muara Angke di Jakarta Utara. Kapal berangkat dari Dermaga Muara Angke Ancol menuju Kepulauan Seribu setiap hari pukul 09.00 dengan waktu pelayaran 2 jam.

Wisatawan juga bisa mengambil rute dari Dermaga Marina, Ancol, Jakarta Utara, dan Pelabuhan Sunda Kelapa. Sayangnya, jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Sunda Kelapa hanya Senin, Rabu, dan Sabtu pagi pukul 08.00.

Sebenarnya tidak ada tiket masuk khusus bagi yang ingin mengunjungi pulau wisata di Kepulauan Seribu ini. Biaya tiket dikenakan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi beberapa kawasan wisata khusus atau menikmati wahana keliling pulau.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Untung Jawa

Hal yang dapat dilakukan di pulau Untung JawaSumber gambar: Facebook Anton Ld

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan pengunjung saat menikmati liburan di pulau wisata yang satu ini. Berbeda dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, Pulau Untung Jawa cukup ramai dikunjungi wisatawan maupun penduduk lokal yang tinggal di pulau kecil ini.

1. Nikmati keindahan alam

Hal pertama yang bisa dilakukan wisatawan saat menginjakkan kaki di salah satu gugusan Kepulauan Seribu adalah menikmati keindahan alam yang terhampar luas. Pulau kecil ini dikelilingi pantai berpasir putih yang membentang sejauh mata memandang.

Sedangkan di depannya terbentang lautan biru kehijauan yang sangat indah dan bersih. Jernihnya air laut membuat ikan dan terumbu karang di bawah terlihat jelas.

Wisatawan dapat menikmati waktu bersantai di pantai dengan duduk di bawah payung besar yang disediakan oleh penjual makanan dan minuman tepi pantai. Selain itu, rimbunnya deretan pepohonan di tepi pantai juga bisa dijadikan tempat teduh saat bersantai di pantai.

2. Berenang di laut

Aktivitas utama yang harus dilakukan saat berlibur di pulau wisata ini selanjutnya adalah berenang di laut sekitar pantai. Layaknya lautan yang mengelilingi pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, laut di Pulau Untung Jawa begitu jernih sehingga semua orang bisa melihat dasar permukaan airnya.

Warna lautan memudar dari warna terang di pantai menjadi warna yang lebih gelap ke arah tengah lautan. Selain itu, berenang di laut sekitar pulau sangat aman karena perairannya yang tenang.

Bahkan gelombang laut tidak mencapai pantai. Oleh karena itu, anak-anak juga bisa diajak berenang dengan pelampung di pinggir pantai.

3. Nikmati fitur air

Ada banyak wahana air yang bisa dinikmati wisatawan saat berkunjung ke pulau wisata ini. Beberapa wahana air yang bisa dinikmati adalah donat air, banana boat dan lain sebagainya untuk memacu adrenalin.

Jika ingin menikmati wahana air di sini, Anda perlu berganti pakaian karena pakaian yang Anda kenakan akan basah. Siapa pun dapat menikmati seluncuran air meskipun tidak bisa berenang.

Untuk keamanan, penyedia wahana permainan menyediakan pelampung pelindung diri bagi wisatawan. Selain itu, setiap kendaraan mainan memiliki petugas yang selalu siap membantu.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Pendirian di pulau Untung JawaSumber gambar: Google Maps Arif Burhanudin

Wisatawan yang berencana mengunjungi pulau Untung Jawa tidak perlu khawatir dengan fasilitas setempat. Pasalnya, pulau wisata yang satu ini hadir dengan fasilitas yang cukup lengkap antara lain toilet, mushola dan tempat parkir yang luas.

Ada juga banyak warung makan yang berjejer di pinggir pantai. Bagi wisatawan yang ingin berlibur di pulau ini selama beberapa hari, tidak perlu bingung karena tersedia banyak penginapan dengan harga terjangkau, termasuk homestay lokal.

Menikmati liburan panjang bersama keluarga kini lebih mudah berkat lokasinya Pulau Untung Jawa yang dapat dengan mudah dicapai melalui berbagai rute perjalanan. Wisatawan bisa menikmati berbagai pemandangan alam yang masih asri dengan budget seadanya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button