Tempat Wisata

Situ Batu Karut, Pemandangan pesona danau dengan pemandangan yang menakjubkan di Sukabumi

Situ Batu Karut merupakan sebuah danau eksotis yang memiliki keindahan tersendiri dengan mata air alami dari pegunungan dan hutan yang heterogen.

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 06.00 – 22.00 WIB, Alamat: J L. Batu Karut, Selaawi, Kec. Sukaraja, Cab.Sukabumi, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Jika Anda sedang berlibur di Sukabumi, Jawa Barat, jangan lupa untuk mengunjungi danau cantik ini. Situ Batu Karut merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Ini karena tempat ini sangat indah.

Dilihat dari namanya, Batu Karut berarti sebuah batu karang yang dikelilingi oleh akar-akar dimana dulu banyak pohon beringin yang berdiri di tempat ini. Tempat ini memang sangat bersejarah dan terkenal dengan mitosnya. Mereka yang berkunjung ke kawasan ini tentu akan sangat penasaran.

Tak heran jika banyak pengunjung yang datang, karena selain sejarahnya yang menarik, tempat wisata ini ternyata memiliki pemandangan yang luar biasa. Lihat informasi di bawah ini untuk penjelasan lengkapnya.

Daya Tarik Situ Batu Karut

Daya Tarik Situ Batu SukabumiKredit foto: Google Maps Ichal Khalim

Kunjungan wisatawan tidak terlepas dari daya tarik kawasan wisata ini. Dan memang di Danau Batu Karut ini terdapat hal yang menarik, seperti :

1. Air laut jernih

Danau yang indah ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih. Pasalnya, air di danau tersebut berasal dari mata air utama yang berasal dari perlintasan antara gunung dan hutan. Untuk gunung tersebut adalah Gunung Pangrango dengan hutan yang heterogen.

Keindahan keadaan alam ini juga memungkinkan airnya yang jernih menciptakan suasana yang tenang dan sejuk. Cocok bagi wisatawan yang ingin mencari ketenangan untuk melepaskan penat.

Ternyata air danau tersebut berfungsi sebagai tempat perlindungan mata air asli Pegunungan Gede Pangrango. Dan digunakan untuk pengairan sawah, PDAM, perusahaan air minum dan lain-lain.

2. Pemandangan yang indah dan menakjubkan

Padahal, objek wisata alam yang menakjubkan ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Pemandangannya sangat indah dan menenangkan. Bahkan, terdapat banyak pepohonan rindang, sehingga pengunjung bisa merasakan kesejukan langsung dari pepohonan tersebut.

Warna hijau pepohonan yang mengelilingi danau dan hamparan air danau merupakan pemandangan yang sangat eksotis.

3. 7 kamar mandi

Hal lain yang menarik dari Situ Batu Karut adalah terdapat 7 pancuran dengan air yang sangat jernih di pemandiannya. Bagi wisatawan yang datang bisa menyegarkan badan dengan mandi pancuran.

Anda tidak perlu khawatir karena air yang mengalir dari pancuran tersebut berasal dari mata air pegunungan dan hutan alami. Sehingga bebas dari klorin atau zat lainnya.

4. Jembatan Situ Batu Karut

Ada spot foto yang tidak boleh dilewatkan di danau ini karena merupakan salah satu daya tariknya. Banyak pengunjung mengambil foto di samping danau dengan pemandangan yang luar biasa. Ada juga jembatan di tengah danau.

Tentu saja jembatan ini menambah sentuhan menarik pada kawasan yang masih asri ini. Foto yang diambil akan memberikan kesan yang sangat estetis dengan tambahan pemandangan laut, pepohonan dan nuansa pedesaan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamatnya Situ Batu Karut, SukabumiSumber gambar: Google Maps Media Saputra

Alamat Situ Batu Karut di Jawa Barat persis seperti berikut: Kampung Batu Karut RT 003 RW 008, Desa Selaawi, Kecamatan Sukaraja, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Sebenarnya tempatnya sendiri ada di 2 desa dan membentuk perbatasan.

Desa yang terbelah oleh danau ini adalah Kampung Batu Karut di sisi timur dan Kampung Pulopanggang di sisi barat. Jika wisatawan berada di jalan nasional yang berbatasan dengan Cianjur dengan Sukabumi, cukup berkendara sejauh 2,5 km saja.

Biaya masuk ke objek wisata

Untuk memasuki kawasan wisata ini, wisatawan dikenakan biaya masuk. Namun, harganya sangat terjangkau dan bisa dibilang cukup murah. Pastinya tidak akan membuat kantong kempis saat harga tiket masuk Rp 3.000-5.000 per orang.

Dengan tiket masuk yang terjangkau tersebut, wisatawan bisa menikmati aktivitas di Situ Batu Karut sepanjang hari.

Terdapat biaya parkir untuk setiap kendaraan yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun, perlu diketahui bahwa harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu.

Kegiatan menarik di Situ Batu Karut

Kegiatan Situ Batu Karut SukabumiKredit Foto: Google Maps Raynardthan Pontoh

Hal apa saja yang bisa dilakukan di Situ Batu Karut? Tentunya sangat menyenangkan dengan kegiatan yang seru, seperti :

1. Memancing

Di sore hari, banyak orang memancing di danau ini. Bahkan ada tempat tersendiri dimana ikan bisa berkumpul. Nah disitulah tempat mancing yang sangat bagus. Danau ini juga memiliki kawasan lain yang sangat menarik untuk menyalurkan hobi memancing.

Bukan hanya untuk masyarakat sekitar yang bisa menyalurkan hobi memancingnya. Karena pengunjung juga bisa memancing dengan bebas di kawasan ini.

2. Sepeda air

Bagi yang ingin merasakan mengendarai sepeda air, Anda bisa melakukannya di Situ Batu Karut. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan jarang ditemukan di kawasan wisata danau. Wisatawan dimanjakan dengan wahana yang satu ini dan berlibur dengan nyaman.

3. Melihat keindahan sunset

Waktu sore hari di danau adalah waktu yang tepat, terutama di danau yang indah ini wisatawan dapat menikmati keindahan matahari terbenam. Posisinya sendiri sangat cocok untuk menyaksikan sunset bersama orang tersayang.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dengan mengambil foto lalu mengunggahnya ke media sosial. Tentunya Anda akan mendapatkan foto yang estetis dan sangat indah.

4. Santai

Duduk di tepi danau dengan semilir angin yang sejuk akan terasa begitu mengasyikkan. Apalagi jika cuaca saat itu cerah dan tidak hujan. Oleh karena itu, disarankan untuk mengunjungi kawasan wisata ini saat cuaca cerah.

Dengan hembusan angin sepoi-sepoi yang membuat perasaan lebih tenang dan nyaman. Hal-hal yang mengganggu pikiran dihindari dan menjadi lebih segar.

5. Ambil foto untuk mengabadikan momen

Saat berlibur, jangan lupa untuk berfoto karena momen ini mungkin tidak akan terulang lagi. Menariknya, foto yang diambil bisa dari lokasi mana saja. Sedangkan untuk spot foto bisa dipilih sesuai dengan keinginan wisatawan.

Anda bisa mengambil tempat jembatan di tengah danau, tempat di depan danau dengan pepohonan rindang atau tempat lain di kawasan ini. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan foto dengan latar belakang alam yang estetis dan menakjubkan.

6. Wisata Kuliner Jajanan ringan

Ada warung dengan makanan ringan di tepi danau. Ketika wisatawan lapar dan ingin mengisi perutnya, mereka bisa langsung menuju toko terdekat. Tersedia jajanan ringan yang bisa dibeli pengunjung agar perut tidak kosong.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Tanaman Sukabumi Situ Batu KarutSumber gambar: Google Maps Teguh.a Permana

Banyak fasilitas yang disediakan pengelola wisata untuk kenyamanan wisatawan. Contoh fasilitas yang disediakan adalah toilet, mushola, tempat parkir, stand makanan dan minuman, spot foto dan tempat istirahat yang nyaman.

Karena pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas hiburan di Situ Batu Karut, liburan mereka pasti akan lebih berkesan. Apa yang kamu tunggu? Kalau ke Sukabumi, jangan lupa mampir ke danau yang indah dan mempesona ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button