Tempat Wisata

​Tetenger Mpu Bharada​: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Apakah Anda ingin mengunjungi suatu tempat bersama keluarga Anda tetapi belum yakin ke mana harus pergi? Kalau begitu, coba kunjungi objek wisata yang satu ini, yaitu Tetenger Mpu Bharada. Bangunan yang menyerupai candi ini terletak di Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, sekitar 10 kilometer dari Kota Kediri. Sering juga disebut sebagai Pura Empu Bharada, tempat wisata ini memiliki nuansa yang sangat menarik untuk dikunjungi. Oleh karena itu, jika Anda sedang berada di Kediri namun tidak sempat mengunjungi objek wisata Tetenger Mpu Bharada, sangat disayangkan.

Anda akan menemukan patung yang terbuat dari batu gunung. Arca ini dipercaya sebagai representasi dari wujud Mpu Bharada. Patung itu berdiri di atas dasar pahatan berbentuk silinder dan berbaring di tengah kolam persegi panjang kecil. Mpu Bharada sendiri merupakan anak bungsu dari lima bersaudara, putra dari Mpu Lampita dan keempat kakaknya Mpu Gnijaya, Mpu Semeru, Mpu Ghana dan Mpu Kuturan. Semua kakak laki-lakinya pergi ke Bali sekitar tahun 1000 dan Mpu Bharada sendiri lebih memilih tinggal di Jawa dan memiliki seorang putra bernama Mpu Bahula.

Fasilitas dan akomodasi di obyek wisata Tetenger Mpu Bharada

Tempat wisata ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup baik dibandingkan dengan tempat rekreasi lainnya. Fasilitas tersebut bertujuan agar wisatawan merasa nyaman saat berkunjung ke objek wisata ini. Tersedia tempat parkir kendaraan roda dua dan empat tidak jauh dari lokasi objek wisata, sehingga anda tidak perlu bingung mencari tempat parkir untuk kendaraan anda. Tersedia pula rest area bagi pengunjung yang ingin bersantai dan melepas penat selama menginap.

Toilet juga terletak tidak jauh dari kawasan wisata, tepatnya di luar objek wisata Tetenger Mpu Bharada. Kenapa begitu? Karena Tetenger Mpu Bharada merupakan tempat suci. Ada juga hotel dan penginapan di sekitarnya, tapi agak jauh. Karena tempat ini memiliki ornamen yang sangat menarik, Tetenger Mpu Bharada juga menjadi tempat yang cocok bagi Anda yang suka berfoto ria bersama teman dan keluarga.

Berburu foto kekinian di obyek wisata Tetenger Mpu Bharada

Jika anda ingin mengunjungi objek wisata Tetenger Mpu Bharada bersama teman atau keluarga dan berfoto disana, anda perlu mengetahui perbedaannya terlebih dahulu. Pekerjaan Menarik yang bisa bikin foto kamu makin keren nantinya. Anda bisa berfoto dengan bangunan-bangunan unik yang dihias di objek wisata ini atau dengan patung-patung yang mengelilingi Tetenger Mpu Bharada. Dijamin hasil foto kamu akan terlihat lebih keren dan tentunya up-to-date!

Anda juga bisa memotret beberapa wisatawan yang sedang bersantai di sana. Tetapi Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada mereka. Karena mereka mungkin merasa tidak nyaman karena Anda mengambil foto secara diam-diam. Jika Anda belum pernah mengunjungi objek wisata alam ini, ada baiknya siapkan segala rencana atau perbekalan untuk berlibur ke sini. Liburan Anda bersama keluarga pasti akan lebih menyenangkan dengan persiapan yang matang.

Baca Juga: Pamuksan Sri Aji Joyoboyo, Properti Wisata yang Dipercaya Sebagai Tempat Suci Sri Aji Joyoboyo

Akses jalan menuju properti wisata Tetenger Mpu Bharada

Tentunya bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata ini perlu mengetahui lokasi dan akses jalan untuk menuju ke tempat wisata Tetenger Mpu Bharada. Jangan sampai tersesat karena akan membuang waktu anda karena akses jalan menuju objek wisata ini sebenarnya sangat mudah karena lokasi Tetenger Mpu Bharada sudah tersedia di Google Maps. Saat Anda berada di Kediri, melalui Jl. Totok Kerot merupakan rute atau cara tercepat untuk menuju ke lokasi objek wisata. Untuk informasi lebih lanjut, lihat peta di bawah ini:

Atau bisa juga melalui Jl. Raya Kediri – Pare dan Bete Bawang adalah jalur atau rute alternatif lainnya. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat atau angkutan umum. Jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda dapat berhenti di halte terdekat kemudian melanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan memesan ojek atau berjalan kaki. Jalan kaki bukan hanya lebih hemat, tapi juga bisa menyehatkan tubuh kan?

Jam buka dan biaya masuk objek wisata Tetenger Mpu Bharada

Jam buka objek wisata ini adalah 24 jam dan Anda tidak dikenakan biaya sepeser pun untuk masuk, jadi Anda bisa datang ke sini kapan saja.

Tips Liburan di Objek Wisata Tetenger Mpu Bharada

Jika Anda sudah setuju untuk datang ke sini bersama teman atau keluarga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama adalah anda diminta untuk tidak meninggalkan sampah berserakan di area objek wisata ini untuk menghormati petugas yang bekerja dan menjaga keindahan objek wisata tersebut. Jika mau, siapkan juga kamera atau ponsel dengan baterai yang terisi penuh berburu foto-foto selama di sini.

Anda juga dapat menyiapkan makanan atau minuman sebelum berkunjung dan mohon untuk tidak penasaran atau melakukan tindakan berbahaya lainnya. Namun yang terpenting jangan lupa berdoa dan memohon keselamatan selama perjalanan atau saat berada di Tetenger Mpu Bharada.

Demikian ulasan singkat mengenai tempat wisata tersebut Mpu Tenger Bharada, tempat wisata yang mirip dengan candi di Pulau Dewata. Jangan lupa terapkan berbagai tips yang tertera di atas. Saya harap artikel ini dapat membantu Anda dan semoga liburan Anda menyenangkan!

Sumber gambar: thearoengbinangproject.com

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button