Tempat Wisata

Tiket dan Objek Wisata BATU HODA BEACH Januari 2024

Pantai Batu Hoda

  • Biaya masuk: Rp20.000
  • Jam buka: 09:30 – 18:00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Desa, Cinta Dame, Simanindo, Samosir, Sumatera Utara, Indonesia, 22395

Pulau Samosir sepertinya selalu memanjakan wisatawan dengan keindahannya. Samosir tidak hanya menawarkan keindahan Danau Toba tetapi juga beberapa pantai danau yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai Batu Hoda.

Pantai ini terletak di tepi Danau Toba. Sejauh mata memandang, pengunjung disuguhkan keindahan tebing-tebing Danau Toba berpadu dengan birunya air danau. Pepohonan tumbuh berjajar rapi, seolah memberi kesan bermain di pulau pribadi.

Biaya masuk ke pantai Batu Hoda

Saat memasuki kawasan wisata Pantai Batu Hoda, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000. Biaya tambahan berlaku bagi mereka yang ingin berkemah.

Baca: TELE Samosir VIEW TOWER Tiket Masuk dan Objek Wisata Terbaik

Jam buka Pantai Batu Hoda

Pengunjung dapat mengunjungi kawasan pantai setiap hari mulai pukul 09.30 hingga 18.00. Meski demikian, pengunjung tetap bisa menyaksikan matahari terbit atau terbenam saat berkemah.

Daya Tarik Pantai Batu Hoda

Batu Hoda tidak kalah menariknya dengan Pantai Pasir Putih Parbaba dan juga mempunyai daya tarik tersendiri. Terletak di titik paling utara Pulau Samosir, pantai ini kerap menjadi destinasi keluarga bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca: Tiket Masuk PANTAI PARBABA dan Berbagai Aktivitas Serunya

Tempat wisata ramah anak

Meeting point dan tempat penyewaan jaket pelampung di Pantai Batu HodaMeeting point dan tempat penyewaan jaket pelampung di Pantai Batu HodaMeeting point dan pintu masuk Pantai Batu Hoda – Foto: Googlemaps/Merlin Hutagalung

Salah satu poin terpenting dalam memilih wisata alam adalah tempat wisata ramah anak. Pantai Batu Hoda menawarkan banyak permainan untuk anak tercinta. Permainan air seperti pelampung, perahu pisang, Sepeda air dan permainan darat seperti rumah pohon dan taman bermain anak juga tersedia.

Selagi orang tua menunggu anak berenang di pantai, mereka bisa bersantai di paviliun yang disediakan. Para ayah bisa menghabiskan waktunya dengan memancing atau bermain sepak bola dan voli pantai.

Baca: PULAU SAMOSIR: 4 Tempat Wisata Terbaik

Batu Hoda sebagai lambang kesetiaan

Batu Hoda atau Patung Kuda merupakan landmark Pantai Batu Hoda.  Simbol kesetiaan dan cinta abadiBatu Hoda atau Patung Kuda merupakan landmark Pantai Batu Hoda.  Simbol kesetiaan dan cinta abadiBatu Hoda atau Patung Kuda merupakan landmark Pantai Batu Hoda. Simbol kesetiaan dan cinta abadi – Foto: googlemaps/Lenny Romauli

Batu Hoda atau Batu Kuda merupakan patung berbentuk kuda yang seringkali menjadi simbol kesetiaan. Hal ini tak lepas dari mitos yang berkembang seputar keberadaan Batu Kuda di pantai pinggiran Toba.

Konon pantai ini mempunyai mitos tentang cinta dan penantian abadi serta waktu dan alam. Mitos tersebut bercerita tentang seekor kuda betina yang menyeberangi danau untuk menunggu seekor kuda jantan yang kelak akan menjadi pasangannya.

Dia menunggu di pinggir negara tetapi tidak pernah datang. Perempuan tersebut terus menunggu meski warga memintanya pergi. Suatu hari kuda betina itu meninggal dunia, masih menunggunya akhirnya berubah menjadi batu.

Batu kuda ini dianggap sebagai simbol cinta dan kesetiaan yang tak terbatas. Mitos ini tentu saja menarik perhatian wisatawan dari berbagai penjuru. Banyak pengunjung yang datang sekadar untuk berfoto dengan lambang cinta abadi. Selain itu, banyak pengunjung yang bersumpah setia di sana.

Baca: Tiket Masuk BUKIT HOLBUNG Samosir dan Aktivitas

Kecantikan yang terpelihara

Pengunjung dapat bersantai di kursi pantai yang disediakan pihak pengelolaPengunjung dapat bersantai di kursi pantai yang disediakan pihak pengelolaPengunjung bisa bersantai di kursi pantai yang disediakan. Foto: googlemaps / Pantai Batuhoda

Keindahan objek wisata tepi pantai ini sangat terjaga. Pengelola melakukan pemeliharaan rutin agar tetap asri dan selaras dengan alam. Untuk itu fasilitas-fasilitas tersebut ditata secara cerdik oleh pihak pengelola agar tidak mengganggu pemandangan dan keindahan pantai, padahal memiliki banyak fasilitas penunjang wisata.

Pepohonan di sekitar pantai tidak akan ditebang namun akan terus dijaga dan ditata sesuai adat istiadat setempat. Penggunaan kain yang dililitkan pada batang pohon berwarna putih, merah dan hitam merupakan warna khas masyarakat Batak.

Baca: Tiket Masuk EPHRATA WATERFALL dan Berbagai Aktivitasnya

Perabot

Tugu Hati dan Menara adalah beberapa spot selfie yang ada di Pantai Batu HodaTugu Hati dan Menara adalah beberapa spot selfie yang ada di Pantai Batu HodaTugu Hati dan Menara adalah beberapa spot selfie – Foto: googlemaps /Pantai Batuhoda

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Padahal baru dibuka untuk umum pada bulan September 2018. Pihak pengelola bekerjasama dengan masyarakat sekitar menyediakan berbagai fasilitas wisata yang lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut antara lain taman bermain anak, tempat pemancingan, wisata kuliner halal, rumah pohon, olahraga AirPaviliun, cafe, musala, kamar mandi, akomodasi hingga Tempat perkemahan.

Lokasi Pantai Batu Hoda

Pantai Batu Hoda terletak di tepi Danau Toba, tepatnya di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Akses menuju pantai ini cukup mudah. Anda bisa melalui pelabuhan Tomok atau tuktuk lalu mengikuti jalur lingkar Samosir ke arah yang benar. Selain itu Pantai Batu Hoda sangat mudah dijangkau dari Pelabuhan Simanindo. Jarak dari Kota Medan menuju lokasi dapat ditempuh sekitar 6 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button