Tempat Wisata

Wisata Sungai Oya Kedung Parangan, menikmati kano dan berenang di Bantul

Wisata Sungai Oya Kedung Parangan di Bantul, Jogja menawarkan pengalaman menarik bagi pecinta alam dengan aktivitas bermain kano, berenang, dan berkemah.

Kabupaten Bantul yang dikenal dengan sebutan Bumi Projotamansari menawarkan beragam destinasi wisata menarik, mulai dari pantai yang mempesona hingga hutan pinus yang rindang dan asri.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Objek Wisata Air Kedung Parangan yang terletak di Padukuhan Kedungjati, Desa Selopamioro, Kecamatan Kepanewon Imogiri, Kabupaten Bantul.

Tempat wisata di Bantul yang baru dibuka ini menawarkan pengalaman unik menyusuri aliran Sungai Oya yang membelah Perbukitan Kedungjati dengan airnya yang jernih.

Sungai Oya berhulu di Pegunungan Gajah-Mungkur di Kabupaten Manyaran, Wonogiri, Jawa Tengah dan mengalir ke Laut Selatan.

Pesona Wisata Kedung Parangan Bantul

Pesona Wisata Kedung Parangan BantulFoto oleh Yoseph Adhi di Google Maps

Kedung Parangan yang terletak di tengah Sungai Oya ini memiliki daya tarik tersendiri yang menarik pengunjung.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Air sungai yang jernih dan suasana yang tenang menjauhkannya dari hiruk pikuk kota dan menjadikannya tempat yang tepat bagi mereka yang mencari kedamaian dan ketenangan.

Pengunjung bisa merasakan kesegaran air Sungai Kedung Parangan sambil berenang menggunakan jaket pelampung yang disediakan pihak pengelola untuk menjamin keselamatannya.

Selain berenang, pengunjung juga dapat menjelajahi keindahan alam kawasan dengan menyusuri sungai menggunakan kano yang tersedia.

Bagi mereka yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di kawasan ini, tersedia tempat perkemahan lengkap untuk disewa.

Rute menuju lokasi

Untuk menuju Objek Wisata Alam Kedung Parangan di Kedung Jati, Selopamioro, Imogiri, Kabupaten Bantul dari Jalan Malioboro, Yogyakarta, ikuti itinerary berikut ini.

Mulai dari Jalan Malioboro, berjalan ke selatan menuju Jalan Sosrokusuman lalu belok kiri ke Jalan Panembahan Senopati.

Setelah kurang lebih 500 meter di Jalan Panembahan Senopati, ambil jalan ke kanan menuju Jalan Brigjend Katamso dan lanjutkan sejauh 1,5 kilometer.

Belok kiri ke Jalan Kolonel Sugiyono lalu kanan ke Jalan Sisingamangaraja. Ikuti jalan utama sekitar 11 kilometer hingga menemukan Pasar Barongan. Belok kiri menuju Jalan Bakulan Imogiri dan ikuti jalan utama sekitar 850 meter.

Belok kanan sejauh 90 meter lalu kanan lagi menuju Jalan Imogiri – Siluk. Berkendara sejauh 5 kilometer di Jalan Imogiri – Siluk, melewati SMPN 2 Imogiri, SD Siluk dan SMPN 3 Imogiri.

Dekat SMPN 3 Imogiri belok kiri sejauh 180 meter lalu kanan. Ikuti jalan utama sekitar 2,3 kilometer, melewati Jembatan Lanteng 1, Masjid Al Amin dan SD Lemahrubuh. Lanjutkan perjalanan melalui jalan utama sekitar 2,5 kilometer untuk mencapai tujuan Anda.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Kedung Parangan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Kedung Parangan BantulFoto oleh Rahman Ardian di Google Maps

Selain biaya parkir, wisatawan harus membayar beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di sini, yaitu sebagai berikut:

1. Cobalah bermain kano

Berkano merupakan kegiatan populer bagi wisatawan yang berkunjung ke Kedung Parangan Kedungjati. Karena banyaknya peminat, pendaftaran kegiatan ini seringkali ditutup beberapa jam sebelum kawasan wisata tutup.

Bagi yang berminat bermain kano, biaya yang perlu disiapkan adalah Rp 10.000 per orang. Selama waktu tunggu, waktu yang dihabiskan di dalam sampan dibatasi hanya 10-15 menit saja.

2. Berenang

Wisatawan bisa menikmati segarnya air Sungai Oya dengan berenang yang sebenarnya merupakan aktivitas gratis.

Namun terdapat peraturan bahwa setiap wisatawan wajib mengenakan jaket pelampung atau cincin renang saat berenang.

Untuk menggunakan peralatan ini, wisatawan harus menyewanya. Biaya sewanya Rp 5.000 untuk jaket pelampung dan Rp 10.000 untuk ban.

3. Berkemah

Sebelum Kedung Parangan dibuka sebagai destinasi wisata sungai dan sampan, terlebih dahulu dikenal sebagai tempat perkemahan.

Bagi pengunjung yang berminat berkemah di Lembah Oya Kedungjati dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang.

Biaya tambahan berlaku untuk peralatan berkemah, mis. Misal sewa tenda untuk 4 orang Rp 45.000, sewa kasur Rp 8.000, sleeping bag Rp 12.000, dan lampu gantung Rp 15.000.

Kedung Parangan menawarkan pengunjung destinasi wisata alam yang menarik saat berlibur di Jogja. Kami berharap berbagai informasi menarik mengenai tempat wisata ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi wisatawan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button