Tempat Wisata

Curug Tilu Leuwi Opat: atraksi, bau HTM dan fasilitas

Curug Tilu Leuwi Opat atau secara harfiah berarti “tiga sungai dan empat air terjun” menggambarkan keindahan alam kawasan wisata ini. Jangan terkecoh dengan namanya, kawasan wisata ini tidak hanya memiliki satu air terjun, melainkan empat air terjun.

Setiap air terjun memiliki pesona yang berbeda dan mengalir dari tiga sungai yang berbeda. Keindahan air terjun ini tidak terlalu jauh sehingga menjadi destinasi ideal bagi wisatawan yang ingin melihat banyak pemandangan sekaligus.

Daya Tarik Curug Tilu Leuwi Opat

Apa artinya pariwisata jika tidak memiliki pesona atau daya tarik? Tentu saja, Anda akan menemukan banyak atraksi di tempat wisata dengan air terjun ini. Anda mungkin sudah lelah pergi ke pantai dan pegunungan, maka wisata berbentuk air terjun di Bandung ini bisa menghilangkan rasa bosan Anda.

Berikut beberapa daya tarik Curug Leuwi Opat Bandung :

1. Keindahan Curug dan Leuwi

Berdasarkan kalimat pertama di atas, beberapa Curug (air terjun) dan Leuwi (sungai) menjadi daya tarik utama dalam wisata alam ini. Diantaranya Air Terjun Citulang, Air Terjun Aseupan, Air Terjun Cilaki, Leuwi Bagong, Leuwi Baeud, Leuwi Kacapi, dan Leuwi Geuntong.

Selain itu, ada juga Goa Toke dan Goa Lalay untuk menambah keindahan wisata air terjun ini. Tak hanya keindahan air terjunnya yang mempesona, namun juga suasana sejuk dan segar di sekitar air terjun membuat pengunjung betah berlama-lama.

Selain itu, lokasinya berdekatan satu sama lain, sehingga Anda tidak perlu berjalan jauh untuk menikmati semua keindahan alamnya. Anda dapat memotret di lokasi atau tempat foto mana pun yang ada. Tentunya harus berhati-hati saat berkunjung ke tempat ini agar bisa selalu pulang dengan sehat.

Sambil menikmati air yang mengalir dengan gemuruhnya yang menenangkan, Anda juga bisa menikmati rindangnya pepohonan yang menghiasi air terjun. Ketenangan dan keindahan alam Curug Leuwi Opat akan meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang datang ke sana.

2. Berbagai wahana

Curug Tilu Leuwi Opat menawarkan beberapa wahana seru untuk dinikmati pengunjung. Diantaranya juga ada arung jeram yang menuntut, di mana Anda memiliki perasaan berkendara melewati arus air yang deras. Selain itu, ada juga Paint Ball yang cocok untuk penggemar game strategi dan tim.

Jika Anda menyukai tantangan ada jembatan goyang yang akan menguji keseimbangan dan kekuatan Anda. Bagi pecinta panjat tebing juga tersedia fasilitas panjat tebing yang menawarkan pengalaman seru dan mobilitas kereta api.

Untuk menikmati pesona air terjun lebih dekat, Anda bisa naik perahu rakit yang memungkinkan Anda berlayar di bawah air terjun. Jika ingin merasakan suasana malam yang berbeda, Curug Tilu Leuwi juga menawarkan pilihan outbond camping.

Dan mereka yang menyukai perasaan terbang bebas tidak boleh melewatkan wahana Flying Fox, yang akan membawa kegembiraan saat Anda melayang di atas lembah. Semua perjalanan ini menambah variasi pengalaman dan memungkinkan Anda menikmati liburan yang menyenangkan.

3. Asal

Selain wisata alam yang menawarkan keindahan air terjun dan sungai, Curug Tilu Leuwi Opat juga menawarkan fakta menarik tentang asal-usulnya, hingga misteri di baliknya. Biasanya destinasi wisata alam selalu dikaitkan dengan cerita rakyat atau legenda setempat, namun air terjun ini berbeda.

Kemunculan air terjun tersebut sengaja diprakarsai oleh warga setempat dan bekerja sama dengan Perhutani untuk menjadikannya sebagai kawasan wisata. Ide pembangunan kompleks wisata alam di Lembang datang dari Pak Ayi (Alm).

Almarhum Pak Ayi merupakan warga Desa Ciwangun yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani dan peternak. Karena letak desa yang tenang, kawasan ini memiliki potensi besar sebagai tempat wisata alam yang menarik.

Bekerja sama dengan Perum Perhutani setempat, Pak Ayi dan warga lainnya berinisiatif pada tahun 2006 untuk mendirikan kompleks wisata alam. Tujuannya adalah memanfaatkan keindahan alam sebagai tujuan wisata yang menarik bagi pengunjung.

Biaya masuk dan jam buka

Jika Anda sedang berada di Bandung dan ingin mencari tempat wisata murah, Curug Tilu Leuwi bisa menjadi pilihan yang tepat dan solusi yang paling cocok untuk Anda. Tiket masuk Curug Tilu Leuwi Opat Lembang hanya Rp 15.000 per orang. Harga ini membuatnya sangat terjangkau untuk semua kalangan.

Ada biaya tambahan untuk parkir bagi Anda yang tiba dengan kendaraan pribadi. Biaya parkir hanya Rp 2.500 untuk kendaraan roda dua sedangkan kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 5.000.

Meski ada biaya parkir, bisa menikmati keindahan Air Terjun Tilu Leuwi dengan biaya masuk yang terjangkau tetap menjadi daya tarik bagi banyak orang. Selain itu, jam buka wisata air terjun ini mulai dari pukul 06:00 hingga 18:00 WIB.

Alamat dan rute menuju lokasi

Lokasi wisata air terjun ini berada di Ciwangun Parongpong, Cab.Bandung. Tepatnya di Jalan Ciwangun Indah Cam, Cihanjuang Rahayu. Ada dua rute yang bisa Anda tempuh untuk menuju tempat wisata ini, yaitu dari Cimahi dan Bandung (pusat kota).

Jika Anda datang dari arah Cimahi, mulailah perjalanan dari Jl. Kolonel Masturi berjalan ke Parongpong. Anda akan menemukan pintu masuk ke lokasi di sisi kiri jalan dengan gapura bertuliskan “Gerbang Wana Wisata Ciwangun Indah Camp (CIC)”. Kemudian lanjutkan perjalanan kurang lebih 4 km dan Anda akan sampai di tempat tujuan.

Alternatif lain jika berangkat dari Bandung bisa dilancarkan dari terminal Ledeng. Ambil jalan ke kiri menuju Jl. Serka Bajuri-Kampung Gajah, lalu ke Jl. Kolonel Masturi Parongpong. Lewati Universitas Advent lalu ambil jalan menuju Perkemahan Ciwangun Indah.

Perjalanan menuju air terjun ini dapat dilakukan melalui dua rute yang berbeda, sehingga Anda dapat menjelajahi pemandangan alam yang menakjubkan dari dua arah yang berbeda. Tak hanya air terjunnya saja yang menarik, perjalanan menuju Curug Tilu Leuwi Opat sendiri sangat menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia

Curug Tilu Leuwi Opat tidak hanya menawarkan keindahan alam yang mempesona, tetapi juga menawarkan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Fasilitasnya meliputi masjid dan tempat parkir yang luas.

Selain itu, tersedia pula fasilitas toilet yang cukup bersih dan terawat. Jika Anda merasa lapar atau haus setelah bermain air di air terjun, Anda bisa mampir ke kafetaria atau warung yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman untuk mengisi perut Anda.

Selain pesona air terjunnya, wisata di Bandung ini juga menawarkan berbagai wahana permainan dan berkemah. Anda bisa membawa tenda dan peralatan berkemah untuk bermalam dengan dikelilingi alam yang indah dan menikmati suasana pedesaan yang tenang.

Temukan keindahan alam dan ketenangan yang mengelilingi Curug Tilu Leuwi Opat. Karena keunikan dan pesonanya, tempat ini layak untuk dikunjungi di waktu luang Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk membuat kenangan indah bersama keluarga dan teman di destinasi wisata alam ini.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button