Tempat Wisata

Pantai Bama, pantai eksotik dengan pesona hutan bakau eksotik di Situbondo

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 08.00 – 16.00 WIB, Alamat: Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kab.Situbondo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Taman Nasional Baluran memiliki beberapa destinasi wisata yang dibuka untuk umum. Salah satunya adalah Pantai Bama yang terkenal dengan keindahan pantai berpasir putih dan taman bakau yang lebat. Di balik kawasan yang dijaga ketat ini Anda akan menemukan tempat wisata khas Jawa Timur.

Apa yang bisa kau lakukan? Pantai alami yang berada dalam pengawasan pemerintah ini bisa menjadi pilihan liburan seru dan mengasyikkan. Pasalnya, Anda bisa bermain-main di pantai, melihat hutan bakau, bahkan mengagumi indahnya alam bawah laut. Coba baca ulasan berikut ini!

One Day Tour Kawah Ijen, Baluran dan Pantai Bama (Start Banyuwangi)

Daya Tarik Pantai Bama

Objek wisata Pantai BamaFoto oleh Tetty Savitri di Google Maps

✦ Keajaiban hutan bakau

Hutan bakau di Pantai Bama disebut juga Dermaga Mangrove. Pasalnya, di atas air terdapat anjungan jalan yang menyerupai dermaga, namun di sekitarnya banyak ditumbuhi pohon bakau atau mangrove.

Pepohonan ini menutupi sisi barat pantai yang terkenal dengan jembatan menuju pantai. Pesona hutan bakau ini tentu menjadi sesuatu yang unik mengingat tidak semua pantai bisa subur dengan adanya hutan tersebut.

Jika ingin menikmati pemandangan unik pesona alam pantai, sensasi berjalan di atas jembatan yang dikelilingi hutan bakau patut untuk dicoba. Bayangkan saja angin segar yang mengalir melalui celah pepohonan, serta angin laut yang asin dan deburan ombak kecil yang pecah di bawahnya. Wajib dikunjungi!

✦ Pasir putih yang indah dan bersih

Jika Anda lelah berjalan-jalan di hutan bakau Pantai Bama, Anda bisa dengan senang hati bermain-main di tepi pantai. Pantai di kawasan lindung ini berwarna putih bersih. Ini menjadikannya objek fotografi indah yang menciptakan kontras antara birunya laut dan hijaunya daratan!

Lihat penawaran hotel di Situbondo

✦ Kekayaan alam laut

Dibalik jernihnya laut terdapat alam yang masih terjaga kelestariannya. Banyak ikan berwarna-warni dan hamparan terumbu karang berwarna-warni yang indah. Perairan yang jernih ini menjadi rumah ideal bagi biota laut alami, apalagi dengan keberadaan tanaman bakau yang mampu memecah ombak sehingga membuat hidup semakin nyaman dan aman.

✦ Lingkungan alam masih terjaga kelestariannya

Bukan hanya dunia bawah lautnya saja yang indah! Percaya atau tidak, keberadaan hutan bakau dan ruang hijau yang terawat menjadi habitat ideal bagi satwa liar setempat. Monyet abu-abu dan lutung sering terlihat di Pantai Bama.

Bersiaplah karena mereka akan menyambut Anda begitu Anda melangkah ke pantai. Berhati-hatilah dengan barang-barang Anda dan makanan yang Anda bawa. Bisa jadi primata liarlah yang mencurinya.

✦ Pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan

Saat matahari sudah berada di ufuk barat, pantai penuh pesona indah ini semakin indah dipandang. Pemandangan matahari terbenam sungguh indah. Keindahan ini biasanya bisa Anda nikmati dengan bermalam atau berkemah di kawasan tersebut.

Taman Nasional Baluran, Mini Raja Ampat dan Bangsring Underwater

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai BamaFoto oleh Ferdian Ppf di Google Maps

Pantai Bama yang masih terawat dan indah ini terletak di kawasan Taman Nasional Baluran Jawa Timur, Situbondo. Jadi jika ingin berkunjung harus masuk ke taman nasional yang berada di Desa Sumberwaru Kabupaten Situbondo. Perlu ditegaskan, tempatnya cukup jauh dari pusat kota yakni sekitar 73 km.

Jadi untuk mencapai tempat tersebut diperlukan kendaraan pribadi. Untungnya, rute yang memakan waktu kurang lebih 2 jam ini cukup mudah untuk dilalui. Bagaimana dengan rencana perjalanannya? Rute menuju pantai indah ini dapat ditemukan di peta.

Anda dapat mengikuti peta untuk rutenya sesuai dengan titik awalnya. Namun jika memulai dari pusat kota Situbondo (alun alun), jalurnya harus melewati Jl KH. Wahid Hasyim. Kemudian lanjutkan ke Jl. Situbondo – Banyuwangi belok kanan saja ke Jl Pantura sejauh 60 km.

Setelah itu, Anda perlu berbelok ke kiri untuk memasuki kawasan Taman Nasional Baluran. Terus belok kiri ke Jl Savana Bekol lalu kanan hingga sampai ke jalan menuju Pantai Bama.

Biaya masuk dan jam buka

Beruntungnya, jika Anda wisatawan lokal, biaya masuknya hanya berkisar Rp 20.000 saja. Namun untuk luar negeri harga tiketnya adalah Rp 150.000. Ingatlah bahwa pantai indah ini terletak di taman nasional.

Jadi Anda hanya perlu membayar satu kali tiket untuk masuk ke Taman Nasional Baluran. Namun biaya aktivitas dan perjalanan dibebankan secara terpisah. Siapkan saja biaya tambahan jika ingin mencoba snorkeling atau aktivitas lainnya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Pantai BamaFoto oleh Oktavia Ningrum di Unsplash

1. Jelajahi hutan bakau

Apa yang ingin kamu lakukan di hutan bakau? Tentu saja Anda bisa berkeliling menggunakan jembatan pandang yang ada. Anda bisa mengagumi keindahan alam sekitar, berfoto dan juga memancing. Tapi ingat! Ikuti peraturan karena Pantai Bama masih merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Baluran.

2. Bermain air di Pantai Bama

Pantai dengan pasir putih dan ombak yang tenang menjadi alasan mengapa Bama begitu populer di kalangan warga. Jika Anda berkunjung bersama si kecil, mereka bisa bermain air tanpa harus khawatir dengan ombak. Bermain di pasir putih bersih juga bisa menjadi pilihan si kecil yang tidak ingin basah-basahan.

Dan tentunya Anda bisa membawa tikar untuk piknik di area tersebut. Yang pasti Anda menjaga barang-barang Anda dan mengamankannya. Pasalnya, banyak monyet liar yang bisa nakal dan mencuri makanan yang kamu bawa!

3. Bermalam di lokasi perkemahan

Pantai Bama saat ini juga dilengkapi dengan bumi perkemahan. Fasilitasnya juga cukup lengkap terutama untuk kebutuhan pokok seperti toilet dan tempat ibadah. Namun jika ingin pilihan akomodasi yang lebih nyaman, Anda juga bisa memilih homestay terdekat.

4. Snorkeling

Saat ini sudah terdapat tempat-tempat yang bisa menyewakan peralatan snorkeling agar Anda bisa menyelam untuk mengagumi keindahan alam bawah laut. Jika punya, jangan ragu untuk membawa perlengkapan sendiri.

Yang terpenting adalah menjaga diri saat snorkeling dan tidak merusak lingkungan, karena keindahan terumbu karang dan biota merupakan hasil penangkaran di Taman Nasional Baluran.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai BamaFoto oleh Tetty Savitri di Google Maps

Keunikan Pantai Bama di Situbondo memang menjadi nilai plus tersendiri. Namun sisi positifnya adalah fasilitas yang cukup lengkap sehingga membuat pengunjung betah berada di kawasan wisata. Fasilitas tersebut antara lain toilet, pusat informasi wisata, kamar mandi, tempat istirahat dan makan, serta beberapa akomodasi di dekat pantai.

Saat ini objek wisata andalan Situbondo di kawasan Taman Nasional Baluran juga dilengkapi dengan fasilitas yang lebih canggih. Jumlah kedai makanan bertambah, begitu pula paviliun dan gubuk yang nyaman. Tempat parkir juga akan lebih luas.

Fasilitas penyewaan peralatan snorkeling tambahan baru-baru ini ditambahkan. Sebenarnya banyak sekali titik foto yang estetik. Karena itulah Pantai Bama semakin hari semakin baik untuk menawarkan pengalaman liburan yang lebih seru.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pantai Bama yang kini semakin populer di kalangan pecinta wisata alam tanah air. Letaknya yang berada di kawasan Taman Nasional Baluran memberikan gambaran yang bagus berupa keberadaan alam yang masih terjaga kelestariannya. Jadi itu adalah contoh betapa indahnya alam yang dilestarikan dengan maksimal.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button