Tempat Wisata

Bukit Kuneer Wonosari, perkebunan teh terpopuler di Malang

Bukit Kuneer yang terletak di perkebunan teh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII ini sebenarnya merupakan spot foto yang dirancang dengan apik. Tempat ini menyuguhkan pemandangan hijau lereng Gunung Arjuno serta memberikan suasana sejuk dan menyegarkan.

Bukit Kuneer didesain menjadi spot foto yang mampu memuaskan selera pengunjung. Pada titik ini ada Tanda Warnanya kuning dan menonjol dengan latar belakang kawasan hijau kebun teh Wonosari, tempat Bukit Kuneer Kebun Wonosari berdiri.

Perkebunan teh yang luasnya kurang lebih 1.000 hektar dan terletak di ketinggian 950-1.250 m dpl ini merupakan peninggalan Belanda yang budidayanya dimulai pada tahun 1875. Perkebunan teh ini menjadi tempat mencari nafkah bagi sebagian besar warga Wonosari, baik sebagai petani teh, karyawan pabrik teh, maupun sebagai pedagang kaki lima di kawasan ini.

Sejak tahun 1945, perusahaan pelat merah ini tidak hanya bergerak di bidang budidaya teh, namun juga menyulap kawasan Wonosari menjadi agrowisata ramah pengunjung.

Destinasi wisata ini hanya berjarak sekitar 30 km saja kota Malang dengan waktu perjalanan hanya sekitar 30 menit. Ada dua rute yang mungkin cocok untuk Anda. Perjalanan pertama melewati Singosari. Anda bisa keluar dari jalan utama Malang-Surabaya dan belok kiri menuju kawasan Song-Song Adimulyo lalu masuk ke kawasan Desa Toyomarto.

Jalur kedua melalui Lawang. Belok kiri saja dan ikuti petunjuk menuju Kebun Teh Wonosari. Jangan sungkan untuk bertanya kepada orang yang lewat karena Anda akan berada di jalan yang berkelok-kelok! Kebun teh ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Harga masuk saat ini hari kerja adalah Rp 8.000 per orang per kali akhir pekan Rp 10.000 per orang.

Selain Bukit Kuneer, pemerintah juga menyediakan tempat lain yang tak kalah menarik, misalnya jembatan kayu yang dibangun di atas semak belukar. Di sepanjang jembatan kayu ini, pengunjung bisa berhenti sejenak di titik-titik foto yang telah disediakan. Terdapat spot foto berbentuk hati yang dihiasi bunga-bunga indah. Spot foto ini menjadi tempat favorit sebagian besar pengunjung.

Jalan-jalan minum teh Berdiam diri dan berfoto di tengah rimbunnya perkebunan teh biasanya kurang memuaskan pengunjung. Karena itulah pihak pengelola menyediakan tambahan spot foto di jembatan tersebut. Selain itu, terdapat juga kabin dengan konsep natural yang menyatu dengan alam sekitar. Pengunjung dapat beristirahat sejenak untuk meregangkan kaki setelah menjelajahi kebun teh yang luas di penginapan berornamen ini.

Selain berfoto dan menikmati pemandangan hamparan tanaman teh, pengunjung juga bisa belajar tentang teh. Pengunjung sebaiknya meluangkan waktu untuk mengamati proses pengolahan daun teh yang dipetik menjadi teh siap seduh. Perkebunan teh ini menghasilkan produk teh kemasan yang diberi nama teh Rolas.

Jadi jangan lupa pengunjung senang menyeduh teh Rolas dan membeli teh Rolas sebagai oleh-oleh saat pulang! Pengunjung juga dapat mengunjungi pabrik teh untuk mengamati proses pembuatan teh.

Pengunjung yang masih betah berada di agrowisata ini bisa menginap di guesthouse-guesthouse yang tersedia. Harga semalam tergantung pada fasilitas yang ingin Anda gunakan. Suasana tenang dan sejuknya udara di Kebun Teh Wonosari menjadi tawaran yang sulit ditolak.

Selain itu, Anda tentu akan merasa bugar setelah bermalam lebih lama dan siap beraktivitas dengan semangat baru di pagi hari. Jika Anda tidak suka bermalam di wisma, villa atau hotel, Anda bisa mencoba bermalam di tenda. Pemerintah telah menyediakan lahan yang cukup luas untuk itu berkemah dengan suasana damai dan sejuk.

Properti agrowisata ini tidak hanya memiliki guesthouse, villa atau hotel saja, namun juga memiliki daya dukung yang memadai. Terdapat kolam termal yang dapat menghangatkan Anda di tengah dinginnya udara pegunungan. Pada hari biasa biaya masuk kolam renang sebesar Rp 8.000 per orang dan pada hari Minggu sebesar Rp 12.000 per orang. Ada juga sepeda motor ATV dan mobil ATV. Harga sewa ATV sepeda motor adalah Rp 40.000 per putaran, sedangkan ATV mobil dikenakan biaya Rp 10.000 per 5 menit.

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai satwa seperti burung merak, monyet, ular, dan lain sebagainya di mini zoo tersebut. Fasilitas lain yang bisa Anda nikmati antara lain jalur kelinci, taman bermain, berkuda, Panjat dinding, bola catsepeda air, rubah terbang, bersepeda gunung dan berbagai aktivitas seru yang bisa Anda coba selama berada di kawasan Wonosari. Kebun Teh Wonosari merupakan salah satu objek wisata yang menyediakan tempat alami yang nyaman serta memberikan rasa betah kepada pengunjungnya karena fasilitas yang disediakan.

Source: piknikasik.com

Related Articles

Back to top button