Tempat Wisata

Pantai Appalarang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, keindahan di balik terjalnya karang

Pantai Appalarang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, keindahan di balik terjalnya karang

Sulawesi Selatan selalu punya destinasi wisata menarik untuk bersantai. Tidak ada habisnya membicarakan keindahan wisata bahari. Ada pantai yang sangat menawan disini yaitu Pantai Apparalang. Pantai ini sangat layak untuk dikunjungi.

Pantai Appalarang merupakan pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai lain yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan. Pantai Appalarang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini berjarak sekitar 200 km dari Kota Makassar dan sekitar 40 km dari Kabupaten Bulukumba.

Untuk menuju pantai ini sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi, karena jika menggunakan angkutan umum hanya akan di bawa sampai desa Ara, dan untuk perjalanan selanjutnya harus menempuh jarak yang cukup jauh yang pastinya akan sangat menguras tenaga. lama melelahkan.

Tarif angkutan umum berkisar antara Rp 45.000 hingga 55.000. Ada banyak perusahaan rental sepeda motor di Tanjung Bira. Jadi Anda tidak perlu khawatir bagaimana cara menuju Pantai Appalarang. Selain sepeda motor, ada juga penyedia yang menyewakan mobil SUV. Mobil ini sangat cocok digunakan di jalanan terjal, berbatu, dan berlubang.

Pantai Appalarang dekat dengan Pantai Tanjung Bira. Sebelum sampai di Pantai Tanjung Bira, anda akan sampai di SMKN 6 Pelayaran Bulukumba di pertigaan jalan. Setelah menemukan pertigaan, belok kiri dan melewati SMKN 6 Pelayaran Bulukumba. Setelahnya Anda akan menemukan Gerbang Pantai Apparalang.

Setelah memasuki gerbang, Anda akan menemukan diri Anda berada di tempat parkir pantai yang tidak terlalu luas, terletak di atas bukit dengan beberapa paviliun kecil di sekitarnya. Di kawasan ini kita bisa menikmati keindahan Pantai Appalarang dari atas bukit sambil beristirahat sejenak di pendopo.

Pantai Appalarang tidak lebih populer dari Pantai Tanjung Bira. Oleh karena itu, Pantai Appalarang sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan pikiran dan menikmati keindahan alam dengan tenang. Lebih mengesankan lagi bila Anda adalah satu-satunya pengunjung. Udaranya yang sejuk dan suasananya yang tenang membuat Pantai Appalarang serasa pantai pribadi sendiri.

Pantai Appalarang tidak seperti pantai pada umumnya yang bersentuhan langsung dengan pasir putihnya. Pantai Appalarang terletak di balik tebing batu yang terjal. Keadaan ini memicu adrenalin pada setiap pengunjung yang datang. Pantai Appalarang konon mirip dengan Raja Ampat di Papua yang sangat populer.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang menyebut Pantai Apparalang adalah Raja Ampat Bulukumba. Pantai Appalarang sukses menjadi salah satu tempat wisata andalan di Sulawesi Selatan.

Tur yang direkomendasikan

Dilihat dari atas tebing, pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa, apalagi jika dilihat dari dekat. Meski berada di balik tebing, Anda tak perlu khawatir tidak bisa menikmati keindahan Pantai Appalarang.

Pihak pengelola pantai ini telah menyediakan anjungan kayu untuk memudahkan pengunjung turun dari tebing sehingga dapat menikmati keindahan pantai dari dekat bahkan merasakan kesegaran air laut.

Untuk sampai ke permukaan air, pengunjung biasanya harus menaiki tangga setinggi 7 meter. Namun menguji adrenalin dengan melompat dari dermaga pertama bisa menjadi pilihan aktivitas seru. Jika Anda tidak mampu membelinya, melihat pemandangan lokal di pantai bisa menjadi hiburan tersendiri.

Meski terkesan menegangkan, namun objek wisata ini tidak mengurangi pesonanya bagi pengunjung. Jernihnya air laut memudahkan pengunjung melihat dasar laut dan biota laut. Dikelilingi bebatuan yang membuatnya semakin eksotis.

Menariknya lagi pengunjung juga bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk menikmati suasana di sini. Rasa lelah akan hilang begitu sampai disini. Keindahan panorama kawasan pantai Appalarang menjadi latar yang bagus untuk berfoto selfie asyik. Deburan ombak yang menghantam tebing pantai semakin mempercantik panorama di Pantai Appalarang.

Jika Anda tidak sempat membawa perbekalan sendiri, Anda tidak perlu khawatir perut tidak kenyang karena di sini Anda bisa menikmati ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat. Biasanya juga sering dijadikan tempat memancing bagi warga sekitar maupun pengunjung yang mempunyai hobi memancing.

Pantai Appalarang sungguh menakjubkan bukan? Jangan ragu lagi! Jadikan Pantai Apparalang sebagai destinasi liburan Anda berikutnya! Ingatlah untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tetap pastikan kebersihan dan kelestarian lingkungan kemanapun Anda pergi berlibur!

Source: piknikasik.com

Related Articles

Back to top button